Wow! Messi Raih Ballon d’Or yang ke-8, Jangan Lagi Bandingkan Ronaldo

  • Bagikan
Lionel Messi. --fifa--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PRANCIS-- Luar biasa pesepakbola dunia, Lionel Messi. Kini, tidak adalagi sepakbola dunia yang bisa mengejar prestasinya. Yah, itu setelah menegaskan statusnya sebagai pemain terbaik di dunia. Yah, Messi meraih Ballon d'Or 2023. Ini berarti, pemain Timnas Argentina ini meraih gelar nomor delapan yang diraih sepanjang kariernya sebagai pemain. Wow!

Penghargaan itu diterima, Selasa, 31 Oktober 2023 dini hari Wita. Adalah, France Football mengadakan seremoni Ballon dOr 2023. Ada beberapa penghargaan yang diberikan di ajang tersebut, mulai dari Kopa Trophy, Yashin Trophy, dan tentu saja Ballon dOr.

Pemegang juara Ballon d'Or 2023 diumumkan oleh eks bintang Real Madrid yang kini menjadi pemilik Inter Miami, David Beckham. Messi berada di urutan pertama, mengungguli dua saingannya yakni Erling Haaland dan Kylian Mbappe yang masing-masing menempati peringkat kedua dan ketiga.

Penghargaan ini pun menahbiskan sang La Pulga semakin meninggalkan prestasi sang rival, Cristiano Ronaldo yang meraih penghargaan ini sebanyak lima kali.

Seperti biasa, sebelum mengumumkan pemenang, France Football akan terlebih dahulu merilis daftar 30 besar nomine. Tahun ini, daftar 30 besar calon peraih Ballon d'Or 2023 diumumkan pada Kamis, 7 September 2023 dini hari Wita.

Nahas, tidak ada nama Cristiano Ronaldo dalam daftar 30 besar tersebut. Diduga karena performa Ronaldo sepanjang musim 2022/2023 lalu kurang maksimal.

Untuk pertama kalinya sejak tahun 2003, Ronaldo gagal masuk dalam daftar nominasi 30 besar Ballon d'Or. Terkesan mengejutkan, tapi faktanya dalam semusim terakhir Ronaldo tidak banyak bermain.

Dia baru kembali menemukan kesempatan di Liga Arab Saudi, bergabung dengan Al Nassr. Namun, kepindahan dan pembuktian Ronaldo di Saudi sepertinya baru akan dihitung untuk Ballon d'Or tahun depan.

Di saat Ronaldo tidak masuk daftar 30 besar, Messi justru keluar sebagai juara. Seharusnya kondisi ini sudah cukup menjelaskan situasi persaingan Ronaldo dan Messi dalam mendapatkan status pesepak bola terbaik di dunia.

Belasan tahun pula perbandingan kedua pemain itu tidak pernah habis. Ada yang menyebut Ronaldo lebih layak dapat status pemain terbaik, tapi tidak kalah banyak yang mendukung Messi untuk status tersebut.

Sekarang, atau setidaknya setahun terakhir, perdebatan itu sepertinya sudah selesai. Lionel Messi menuntaskannya dengan sempurna: Juara Piala Dunia dan meraih Ballon d'Or ke-8.

Ronaldo tidak buruk. Dia punya koleksi lima trofi Ballon d'Or, capaian yang mungkin mustahil dikejar oleh pemain-pemain lain.

Sayangnya, Ronaldo harus bersaing dengan Lionel Messi 'sang alien'. Status juara dunia dan delapan trofi Ballon d'Or seharusnya membuat status Messi tidak lagi terbantahkan: Dia adalah pesepak bola terbaik sepanjang masa.

Ranking 30 besar Ballon d'Or 2023

  1. Lionel Messi (juara)
  2. Erling Haaland
  3. Kylian Mbappe
  4. Kevin De Bruyne
  5. Rodri
  6. Vinicius Jr
  7. Julian Alvarez
  8. Victor Osimhen
    9 .Bernardo Silva
  9. Luka Modric
  10. Mohamed Salah
  11. Robert Lewandowski
  12. Yassine Bounou
  13. İlkay Gundogan
  14. Emi Martinez
  15. Karim Benzema
    1️7. Khvicha Kvaratskhelia
  16. Jude Bellingham
  17. Harry Kane
  18. Lautaro Martinez
    2️1. Antoine Griezmann
    2️2. Kim Min-jae
    2️3. Andre Onana
  19. Bukayo Saka
  20. Josko Gvardiol
  21. Jamal Musiala
    2️7. Nicolo Barella
    2️8. Randal Kolo Muani
    2️8. Martin Odegaard
    3️0. Ruben Dias. (***/met/pp)

  • Bagikan