Golkar dan Gerindra Diprediksi Dua Kursi

  • Bagikan

Untuk DPR RI dari Dapil Sulsel 3

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Dua partai politik (Parpol) diprediksi meraih dua kursi di DPR-RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel III pada Pemilu 2024.

Kedua parpol tersebut yakni Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).
Adapun Caleg Golkar yang berpeluang lolos yakni Muhammad Fauzi dan Hasrul Rahman. Di Gerindra, yang berpeluang Latinro Latunrung dan Andi Mudzakkar.

Sementara Nasdem yang pada Pileg 2019 lalu meraih dua kursi, diprediksi hanya mendapat satu kursi dari Dapil Sulsel III. Untuk diketahui, kabupaten/kota yang masuk Dapil Sulsel III yakni Kota Palopo, Kab. Luwu, Lutra, Lutim, Tator, Torut, Enrekang, Sidrap, dan Pinrang.
Pakar Hukum Pemilu Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo, Dr Haedar Jidar SH MH yang dimintai
tanggapannya terkait prediksi tersebut, Selasa, 21 Oktober 2023 kemarin, menjelaskan, jika melihat komposisi Bacaleg pada Partai Golkar dan Gerindra, memang berpeluang mendapat dua kursi untuk DPR-RI dari Dapil Sulsel III.

Analisisnya, komposisi Bacaleg Gerindra diisi figur yang punya pengalaman atau jam terbang yang tinggi pada dunia politik. Bahkan ada beberapa Bacaleg yang sedang atau pernah berjaya di eksekutif atau pernah menjabat kepala daerah.

Seperti Latinro Latunrung, sekarang incumbent dan pernah menjabat Bupati Enrekang dua periode. Juga ada Andi Mudzakkar yang pernah menjabat Bupati Luwu dua periode. Disamping itu, ada pula istri Wakil Bupati Toraja Utara.

Lalu di Golkar, lanjut Haedar, semua tahu bahwa Bacaleg Golkar merupakan pemain 'gajah' semua. Ada incumbent Muhammad Fauzi yang merupakan suami dari Bupati Lutra, Indah Putri Indriani. Ada Harsul Rahman yang merupakan pengurus DPP Partai Golkar, orang dekat Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto.

Juga ada Agustina Bassang yang merupakan istri dari Bupati Toraja Utara, Yohanes Bassang, mantan anggota DPR-RI, Andi Fauziah Pujiwatie Hatta, dan lainnya.
Disinggung Nasdem, Haedar yang juga mantan Ketua KPU Palopo, mengatakan, partai besutan Surya Paloh itu, juga kuat. Diprediksi mendapat kursi ketiga dari kuota tujuh kursi.

Alasannya, karena Nasdem ada dua incumbent yakni Rusdi Masse (RMS) dan Eva Rataba, ada mantan Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, Hj Hayarna Basmin (istri Bupati Luwu Basmin Mattayang), pengusaha Putri Dakka, dan lainnya. (ikh)

Tujuh Caleg Gerindra Dapil Sulsel 3

Tujuh Caleg Golkar Sulsel 3

  • Bagikan