Bupati Muhammad Yusran Lalogau: PKM ADPERTISI Bantu Tingkatkan Pengetahuan dan Pencerdasan Masyarakat Pangkep

  • Bagikan

Nampak anggota Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ADPERTISI) saat bersama Bupati Kabupaten Kepulauan Pangkep, H. Muhammad Yusran Lalogau, S.Pi, M.Si di rumah jabatan bupati, Selasa 7 Nopember 2023. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PANGKEP-- Bupati Kabupaten Kepulauan Pangkep, H. Muhammad Yusran Lalogau, S.Pi, M.Si di rumah jabatan bupati, Selasa 7 Nopember 2022, menerima dan melepas 170 anggota Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ADPERTISI) melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada 18 desa dan kelurahan di Pangkep.

Turut hadir pada pelepasan KKP ini Koordinator Ketua Presidium ADPERTISI, Dr. Buyung Romadhoni, SE., M.Si, Sekretaris Jenderal ADPERTISI, Ibrahim Pratama, SE., M.Si, AK, CA,
Direkrur Eksekutif Bidang Kerjasama MPP ADPERTISI, Dr H Yusriadi Hala SE, M.Si, dan anggota pengurus lainnya.

Bupati Pangkep Yusran Lalogau pada sambutan pelepasan ke lokasi PKM mengatakan, menyambut gembira kegiatan PKM ini karena akan membantu masyarakat meningkatkan pengetahuan dan ikut mencerdaskan masyarakat Pangkep.

Dia juga mengharap kepada para dosen peserta PKM dapat membantu mengurai permasalahan yang ada di masyarakat dengan melakukan pemberdayaan menuju peningkatan kesejahteraan yang lebih baik melalui potensi yang dimiliki.

Program kegiatan lewat PKM dapat diorientasikan pada upaya pemberdayaan masyarakat melalui implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan berperan aktif mengembangkan sikap dan jiwa kewirausahaan yang tangguh.

Bupati juga berharap peserta PKM mampu meningkatkan dan menumbuhkan motivasi dan inovasi masyarakat lebih maju dalam membangun ekonomi dan membantu menemukan peluang usaha yang lebih baik

Ketua Presidium ADPERTISI, Dr. Buyung Romadhoni, SE., M.Si, pada sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Kepulauan Pangkep telah diberi kesempatan merealisasi MoU beberapa waktu lalu dan telah terimpleentasi secara baik pada pelaksanaan PKM hari ini.

Sambutan Bupati Pangkep sangat luar biasa kepada ADPERTISI hal ini sejalan dengan tuntutan konstitusi mencerdaskan anak bangsa dan bupati Pangkep telah memfasilitasi pendidikan mencerdaskan masyarakatnya.

PKM ini adalah hal penting mengaplikasi teori dan pengetahuan para dosen untuk dibagi dan disebarkan kepada anggota masyarakat. Pengetahuan ini telah diuji laboratorium di kampus dan di masyarakat dan hasil uji itu kemudian dilakukan pengabdian.

Ketua Panitia PKM ADPERTISI 2023 Pangkep, Dr Salmiyah Thaha SE MM, melaporkan tema PKM Optimalisasi Potensi Masyarakat Desa dan Kelurahan Melalui Sinergi PTS dan Pemerintah Daerah dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan dan Literasi.

Peserta PKM berjumlah 170 dosen dengan 20 kelompok berasal dari 45 kampus di antaranya dari Kendari, Ponorogo, Sidoarjo, Padang, Rangkas Bitung, Sorong dan lainnya.

PKM sudah delapan kali di laksanakan, untuk Pangkep terlaksana kedua kalinya, Takalar 4 kali serta Maros dan Gowa masing masing satu kali.

Sekretaris Jenderal ADPERTISI, Ibrahim Pratama, SE., M.Si, AK, CA, menambahkan, ADPERTISI didirikan 03-07-2018 berdasarkan Akta Notaris Muh. Arif, SH.,M.Kn. No. 01 dan SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No:AHU-0009494.AH.01.07.Tahun 2018.

Adapun yang jadi pendiri yakni Ibrahim Pratama, S.E., M.Si., Ak.,CA (STIEM Bongaya Makassar), Dr. Buyung Romadhoni, S.E., M.Si (Unismuh Makassar), Fina Diana, S.E.,Ak.,M.Si (Univ. Patria Artha).

Dr. Kasnaeny Karim, S.E.,M.Si (Universitas Muslim Indonesia), Dr. Syamsul Alam, S.E.,M.Si (ITB Nobel Indonesia Makassar), Dr. Ismail Marzuki, S.Si.,M.Si (Univ. Fajar) Aries Kamolan, ST.,MT (Univ. Atmajaya Makassar); Dr. Eha Sumantri, SKM.,M.Kes (Almarhumah/STIK Tamalatea Makassar), Dr. Fahrisal Husain, S.E., M.Si (Universitas Turatea Indonesia). (*/pp)

  • Bagikan