Hasnawati Laporkan Capaian Penurunan Stunting dan Galakkan Program Kerja Pj Gubernur

  • Bagikan
Pj Ketua PKK Sulsel, Ny. Hj Sofha Marwah Bahtiar (kiri) bersama Pj Ketua PKK Palopo, Ny. Hasnawati Asrul SE.--ft: humas/pemkot--
  • Dari Kunjungan Pj Ketua TP PKK Sulsel di Palopo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Palopo, Ny. Hasnawati Asrul SE menerima kunjungan Ketua TP-PKK Provinsi Sulsel, Hj Sofha Marwah Bahtiar beserta rombongan di Ruang Pola Kantor Wali Kota, Ahad (5/11) lalu. Kegiatan ini dalam rangka silahturahmi dan monitoring program PKK.

Laporan Hasnawati, semenjak sudah dikukuhkan oleh Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, PKK Palopo telah melakukan kunjungan kerja ke sembilan kecamatan, untuk memantau sejauh mana TP-PKK Kecamatan dan TP-PKK Kelurahan dapat bersinergi dengan program kerja TP-PKK kota dan provinsi.

Yang tidak kalah penting dalam kunjungan kerja ini adalah usaha untuk memantau keluarga anak stunting dengan menemukan berbagai masalah yang dihadapinya, sehingga dengan kunjungan kerja ini diharapkan dapat menurunkan stunting yang ada di Kota Palopo.

Dalam kunjungan tersebut, PKK Palopo telah melakukan sosialisasi ke TP-PKK Kecamatan tentang program kerja Pj Gubernur yang berhubungan dengan ketahanan pangan yakni penggalakan kegiatan penanaman cabai, tanaman sayur mayur, tanaman jangka pendek.

''Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat terutama dalam menghadapi krisis pangan, minimal masyarakat dapat tercukupi dalam hal ketersediaan gizi,'' jelas Hasnawati.

Sambutan Ketua TP-PKK Provinsi Sulsel, Hj Sofha Marwah Bahtiar mengatakan, ini merupakan pertemuan awal dengan segenap pengurus TP PKK Kota Palopo.

PKK sudah saatnya menjadi basis pergerakan pemberdayaan perempuan peran keluarga sebagai ruang pertama interaksi sosial. Dimana peran seorang ibu menjadi tokoh sentral dengan peran sentral di dalamnya.

Revitalisasi fungsi dan peran PKK perlu dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelaksanaan program dan kegiatan melalui manajemen dan sumber daya manusia yang berkompeten.

"Kehadiran saya untuk membangun Komitmen bersama dalam mensinergikan program pemerintah dengan 10 program PKK. Selaku Pj Ketua TP PKK Sulawesi Selatan saya mengharapkan peran aktif segenap jajaran pengurus PKK dalam berkontribusi nyata bagi pencapaian program prioritas di Sulsel,'' terang Hj Sofha.

Dukungan dari kader PKK sangatlah penting dalam menjalankan aplikasi Inzting terutama para kader Posyandu. Sesuai arahan Pj. Gubernur Sulsel bahwa posyandu sangat mengambil bagian dalam membantu percepatan penurunan stunting. Hal ini juga dapat dilihat pada menu-menu Inzting Sulsel yang memerlukan data baduta dan ibu hamil dari setiap kabupaten/kota.

"Saya kembali mengingatkan komitmen kita bersama bahwa TP PKK Provinsi akan bersinergi dan berkolaborasi dengan TP PKK Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan program kegiatan ini. Mari kita optimalkan seluruh Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi,'' ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Persit Chandra Kirana Kota Palopo, Ketua Bhayangkari Kota Palopo, serta Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se Kota Palopo. (ikh)

  • Bagikan