Abrasi Ancam Warga Tombang dan Baramase, Satu Tahun Pasca Banjir Belum Dikerja

  • Bagikan

BEGINILAH abrasi yang terjadi di Sungai Tombang Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu, Rabu, 8 November 2023.--kahar iting--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, WALMAS-- Abrasi di Sungai Tombang, Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu, saat ini mengancam keselamatan jiwa oenduduk yang ada di Desa Tombang.

Tidak hanya warga Tombang, tapi banjir yang tiba-tiba datang juga berimbas ke warga Bara Mamase.

Padahal pengerukan dan normalisasi sungai sudah dilakukan dibeberapa daerah termasuk di Kota Palopo yang tidak lain aliran dari Sungai Tombang.

Melihat pemandangan tak sedap di bentaran sungai, membuat masyarakat akhirnya mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu untuk segera melakukan pengerjaan sebelum banjir datang dan menelan korban jiwa.

"Satu tahun pasca banjir, tetapi sungainya belum juga dikerja padahal di Kota Palopo sudah dikerja. Perlu diketahui bahwa dampak buruknya meliputi dua wilayah Kabupaten Luwu Kecamatan Walenrang yakni di Desa Tombang dan Baramamase," kata warga Tombang Albin kepada Palopo Pos, Rabu, 8 November 2023.

Albin tang rumahnya berada di pinggir sungai, mengaku selalu was-was dan selimuti raaa waa-was ketika hujan deras melanda.

Sebab, abrasi yang terjadi di sungai, setiap turun hujan dan terjadi peningkatan volume air, selalu terkikis bahkan sudah mendekati pemukiman warga.

"Jadi kami berharap kepada pemerintah supaya menindak lanjuti keluhan kami," pungkasnya.(kahar iting)

  • Bagikan