Puluhan Baliho Caleg Diamankan

  • Bagikan
Kegiatan penertiban APK caleg oleh Bawaslu bersama Satpol PP, Rabu kemarin. ARSUL/PALOPO POS

Hari Kedua Penertiban, Sasar Kelurahan Tompotikka dan Pajalesang

PALOPO -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palopo melanjutkan aktivitas penertiban alat peraga kampanye (APK) Caleg Partai politik, Rabu  8 November 2023. Puluhan baliho caleg diamankan.

Divisi pengawasan Bawaslu Palopo, Asbudi Dwi Saputra mengatakan penertiban APK yang dilakukan pihaknya telah memasuki hari kedua. Penertiban APK ini turut melibatkan Satpol PP. Ada Kelurahan yakni, Tompotikka dan Pajalesang menjadi sasaran terhadap lokasi dalam melakukan penertiban APK baik baliho maupun banner.
"Target kita sampai betul-betul steril. APK yang kami rata-rata yang terpasang di pohon maupun yang berdiri di pinggir jalan dan fasilitas pemerintah lainnya " kata Asbudi.

Sebelumnya diberitakan, Bawaslu menggandeng Satppol PP melakukan penertiban APK di wilayah Kota Palopo. Pada pelaksanaan penertiban ini diawali apel siaga yang dipimpin Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, Selasa, lalu.

Ketua Bawaslu Palopo, Khaerana mengatakan sesuai edaran yang dikeluarkan sebelumnya terkait penertiban telah dilaksanakan. Adapun, penertiban ini dilaksanakan seiring pasca dimumkannnya daftar caleg tetap (DCT)  oleh KPU Palopo.

"Untuk penertiban APK telah kita laksanakan pada wilayah perkotaan. Penertiban akan terus kami lakukan sampai betul-betul bersih," katanya.
Pj. Wali Kota Palopo dalam arahannya pada pelaksanaan apel  itu mengatakan, pelepasan dan penertiban alat peraga kampanye ini merupakan wujud kolaborasi antara Bawaslu dan Pemerintah Kota Palopo.

"Ini bagian dari tugas negara untuk pelaksanaan pemilu yang baik. Saya berharap, dalam pelaksanaannya nanti,  penurunan alat peraga kampanye memastikan ada petugas dari tim Bawaslu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.

Ia menekankan, untuk penertiban APK Satpol PP harus ada pendamping dari Bawaslu. "Saya pesankan bahwa penurunannya nanti sebisa mungkin dilaksanakan dengan baik dan berjalan sesuai regulasi yang berlaku," katanya.

Asrul Sani memberikan masukan agar penertiban nantinya bisa dibagi per Kecamatan di Kota Palopo agar supaya bisa lebih terdistribusi dan pelaksanaannya lebih cepat.

Asrul Sani juga berpesan untuk tetap menjaga kondusifitas agar pelaksanaan pemilu dan Pemilukada di Kota Palopo ini berjalan dengan baik. (rul/idr)

Penertiban baliho & banner caleg Rabu 8 November 2023

Pajalesang:
Baliho: 27
Banner: 70

Tompotikka
Banner :12
Baliho : 2

Dangerakko
Banner : 20
Baliho : 3

Amassangan
Banner : 52
Baliho : 8

Boting
Banner : 23
Baliho : 3

  • Bagikan