Wamen ATR/BPN Berhalangan Hadir, Ketum Tutup Rakernas API 2023 dan Beri Penghargaan 13 DPD Berprestasi

  • Bagikan

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Tahun 2023 pada Jumat (17/11/2023) siang di Grand Town Hall II, Grand Mall Maros, akhirnya resmi ditutup oleh Ketua Umum (Ketum) DPP API, Brigjen TNI (Purn) Pdt. Drs. Harsanto Adi S, MM, M.Th. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR.- Wakil Menteri (Wamen) ATR/BPN, Raja Juli Antoni, P.hD yang sedianya diagendakan menutup resmi kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Tahun 2023 pada Jumat (17/11/2023) siang, berhalangan hadir karena ada tugas negara yang tak bisa ditinggalkan.

Hajatan Rakernas API Tahun 2023 yang berlangsung selama 3 (tiga) hari, Rabu s/d Jumat (15 s/d 17/11/2023) di Grand Town Hall II, Grand Mall Maros, akhirnya resmi ditutup oleh Ketua Umum (Ketum) DPP API, Brigjen TNI (Purn) Pdt. Drs. Harsanto Adi S, MM, M.Th dengan pembacaan puisi dari lirik lagu berjudul 'Soldier' dan memimpin doa bersama serta meneriakkan dengan lantang "API akan terus menyala menjadi garam dan terang bagi umat manusia di muka bumi ini".

Usai menutup resmi gawe pertemuan Hamba Tuhan yang diikuti sekitar 250 pendeta terdiri dari pengurus (Ketua, Sekretaris dan Bendahara) DPP, DPD dan DPC API se-Indonesia dan Hongkong, Pdt. Harsanto Adi kemudian menyerahkan bendera pataka API dan penghargaan berupa selendang kepada 13 DPD API yang dinilai berprestasi.

Sebanyak 13 DPD API yang menerima penghargaan yakni, Sumatera Utara, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Timur (Kaltim), Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Selatan (Sulsel), Maluku, dan Papua Barat.

Untuk Sulawesi Selatan, bendera pataka API dan selendang penghargaan diterima langsung oleh Ketua DPD API Sulsel Pdt. Daniel Kusbin, S.Th. Penghargaan diberikan karena pengurus DPD API Sulsel dinilai berhasil membangun hubungan yang baik dengan pemerintah daerah, sehingga tidak mendapat kesulitan dalam penyelenggaraan kegiatan skala besar seperti Paskah dan Natal.

Sebelum resmi ditutup, peserta kegiatan Rakernas API Tahun 2023 mendapatkan pembekalan pengetahuan dan wawasan dengan materi bertajuk 'Ekonomi Kerajaan' yang dibawakan oleh Ev Benny Kusbin -- Owner Grand Mall Maros. Selain itu, Panitia Rakernas API Tahun 2023 yang diketuai Pdt. Daniel Kusbin, S.Th memberikan hadiah beasiswa kepada beberapa DPD dan hadiah doorprize bagi peserta yang beruntung dalam menjawab sejumlah pertanyaan.

Dimintakan komentarnya usai acara penutupan, Pdt. Daniel Kusbin, S.Th kepada media ini mengemukakan, hasil penyelenggaraan Rakernas API Tahun 2023 telah menyusun rekomendasi yang akan dibawa ke Kongres API Ke-5 pada tahun 2026 mendatang. Point-point rekomendasi tersebut intinya antara lain bagaimana kedepannya lebih mengembangkan organisasi API yang menaungi ribuan pendeta di Indonesia dan Hongkong. (*/pp)

  • Bagikan