Andi Amar Ma’ruf Sulaiman Ajak Milenial Geluti Industri Kreatif di Sektor Pertanian

  • Bagikan
Andi Amar Ma’ruf Sulaiman jadi pembicara pada seminar nasional Himpunan Mahasiswa Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep, Jumat 17 November

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PANGKEP-- CEO AAS Community, Andi Amar Ma’ruf Sulaiman didapuk sebagai pembicara pada seminar nasional yang digelar Himpunan Mahasiswa Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep dengan tema Agricultural Entrepreneurship sebagai peluang pengembangan industri dan ekonomi kreatif, Jumat (17/11/2023).

Seminar ini digelar sebagai upaya meningkatkan inovasi dan kreatifitas serta mampu mengembangkan pertanian dan aspek ekonomi pertanian di masa yang akan datang.

Seminar ini diikuti mahasiswa dan mahasiswi Politeknik Pertanian Negeri Pangkep.

Amar mengatakan, sektor pertanian menjadi potensi ekonomi kreatif yang cukup besar.

Hal ini ditandai dengan masih banyak sektor-sektor yang belum digarap dan dikembangkan.

"Salah satu penyebabnya ialah belum banyaknya sumber daya manusia, khususnya mahasiswa, yang terjun menggarap sektor tersebut agar menjadi potensi bisnis ekonomi kreatif," ungkap Amar.

Potensi tersebut menurutnya bisa digarap oleh kalangan mahasiswa yang notabene memiliki presentasi yang cukup tinggi, karena hampir semua mahasiswa telah berhadapan dengan teknologi.

Ia pun optimis bahwa mahasiswa dapat mengembangkan potensi tersebut.

"Di tangan mahasiswa, di sektor pertanian bisa menjadi sebuah industri yang kreatif. Sebab, mahasiswa dapat berpikir out of the box dan tidak melakukan hal dengan cara yang konvensional,” jelasnya.

Anak sulung Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman itu juga mengingatkan untuk jangan takut berwirausaha karena takut gagal.

"Kegagalan bukan akhir dari segelanya, namun itu adalah awal dari sebuah kesuksesan," pungkasnya. (*/fjr)

  • Bagikan