Dr Evi Ketua Panitia 4th EAST INSDV 2023 di Samarinda

  • Bagikan
  • Usung Tema Cara Mengatasi Masalah Kulit dan Kelamin

SAMARINDA --- Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) Cabang Samarinda dan PERDOSKI Cabang Palu kolaborasi menggelar acara 4th East INSDV 2023 National Symposium and Workshop, Jumat 24 November 2023, di Hotel Mercure Jalan Mulawarman Samarinda. Kegiatan ini mengusung tema cara mengatasi masalah kulit dan kelamin.

Bertindak sebagai Ketua Panitia Dr. dr. Evi Mustikawati Arifin, Sp, D.V.E, M.Kes, FINSDV, FAADV. Dia adalah wija to Luwu yang juga direktur RSUD Haji Makassar.

Ketua Panitia 4th East INSDV, Dr. dr. Evi Mustikawati Arifin, Sp, D.V.E, M.Kes, FINSDV, FAADV, menyebutkan, kegiatan ini adalah suatu ajang pertemuan dokter spesialis kulit dan kelamin, khususnya di Indonesia bagian timur yang diadakan setahun sekali. Pada tahun 2023 ini, Perdoski Cabang Samarinda cabang Palu mendapatkan kehormatan sebagai pelaksana 4th EAST INSDV yang diselenggarakan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, pada 24-25 November 2023.

''Samarinda merupakan ibukota provinsi Kalimantan Timur, serta kota dengan penduduk terbesar di Pulau Kalimantan dengan perkembangan kotanya yang ekspansif,'' ujar ketua Panitia Dr Evi dalam sambutanya di hadapan Wali Kota Samarinda, Andi Harun dan para dokter spesialis kulit dan kelamin dari berbagai daerah.

Di Samarinda, ada dua pelabuhan. ''Ini pelabuhan tersibuk di Kota Samarinda. Pelabuhan Palaran dan Samarinda namanya,'' sebutnya. ''Kota ini menjadi salah satu dari 9 kota besar terpilih di seluruh Indonesia yang meraih penghargaan kebersihan kota adipura,'' paparnya.

Lanjutnya, Samarinda juga memiliki sejarah besar yaitu sebagai salah satu wilayah kesultanan Kutai Kartanegara, yaitu kesultanan Hindu terbesar di Indonesia pada tahun 1300-an. ''Samarinda menjadi salah satu kota besar di Indonesia dengan daya tarik yang patut bersaing dengan kota besar lainnya,'' papar dia.

Menurut Dr Evi, kemajuan dan perkembangan keilmuan mengenai rejuvenasi area genital semakin banyak. Selain itu, pertambahan jumlah penduduk usia lanjut di Indonesia menjadi tantangan tersendiri dalam pengobatan di bidang kulit, kelamin dan estetika.

Oleh karena itu, pada 4th EAST INSDV kali ini mengusung tema ''Up Close and Personal: How to Deal with Skin and Genital Problems''. ''Semoga simposium ini dapat menjadi wadah pembelajaran bagi dokter umum dan spesialis dermatologi, venereologi, dan estetika, sehingga dapat bermanfaat dalam melayani pasien sehari-hari,'' harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Perdoski Prof Dr dr M Yulianto Listiawan, Sp, D.V.E, Subsp.O.B.K, FINSDV, FAADV, mengharapkan kegiatan ini dapat mengakomodasi dan menjadi wadah bagi sejawat terutama yang berda di daerah Timur Indonesia untuk melakukan pembaharuan keilmuan pada bidang dermatologi, venereologi, dan estetik sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien. ''Saya mengucapkan terimakasih kepada panitia dan pihak yang terlibat atas kesediaannya dalam acara ini,'' ujar ketum dalam sambutannya.

Sementara itu,
Wali Kota Samarinda, Andi Harun, menunjukkan antusiasnya saat hadir dalam acara 4th East INSDV 2023 National Symposium and Workshop di Hotel Mercure Jalan Mulawarman Samarinda, Jumat 24 November 2023. Dalam sambutan, Wali Kota Andi Harun memberikan apresiasi kepada Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) Cabang Samarinda dan PERDOSKI Pusat, serta para pakar dan narasumber atas penyelenggaraan simposium nasional dan workshop ini.

“Atas nama Pemerintah Kota Samarinda, saya sangat mengapresiasi kepada PERDOSKI Cabang Samarinda yang telah bekerja sama dengan PERDOSKI Pusat, para pakar juga para narasumber atas inisiasi terselenggaranya kegiatan simposium nasional dan workshop ini,” ujar Wali Kota Andi Harun saat menyampaikan sambutan.(ary)

  • Bagikan