Posko 38 KKN IAIN Palopo Data dan Buat Infografis Desa Setiarejo

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, WALMAS--Mahasiswa KKN-MB IAIN Palopo, Posko 38 Tahun 2023 Dukung Pengembangan Profil Desa Melalui Pendataan dan Pembuatan Infografis Desa Setiarejo

Desa Setiarejo merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Desa ini berjarak 26 KM dari Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Desa Setiarejo merupakan desa yang memiliki 3.385 ribu penduduk yang tersebar di 6 dusun diantaranya Dusun Purwosari, Dusun Setiarejo, Dusun Mulyorejo, Dusun Sambirejo, Dusun Purworejo dan Dusun Sidomulyo. Mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani.

Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Moderasi Beragama (KKN-MB) IAIN Palopo Kelompok 38 dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Tasdin Tahrim, S.Pd., M.Pd. membuat Program Kerja Pendataan dan Pembuatan Infografis Profil Desa Setiarejo, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Pendataan dan Pembuatan Infografis Profil Desa Setiarejo berisi tentang ulasan singkat tentang sejarah Desa Setiarejo, letak geografis, data kependudukan, sarana dan prasarana, agama masyarakat dan info mengenai pendidikan yang ada di Desa Setiarejo, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu.
Tujuan dari program kerja ini adalah untuk memberikan gambaran yang lebih spesifik tentang karakter Desa Setiarejo.

Selain itu, juga sebagai media informasi bagi masyarakat desa agar mempermudah mengetahui informasi dan kondisi tentang kependudukan Desa Setiarejo, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu.

Kegiatan ini memerlukan waktu selama kurang dari 3 hari mulai dari tahap pendataan dan wawancara terhadap beberapa tokoh masyarakat desa guna mendapatkan informasi yang valid, kemudian tahap pengerjaan papan infografis hingga penyerahan yang dilaksanakan pada Jum'at, 24 November 2023 yang bertempat di Kantor Desa Setiarejo, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu. Hasil Infografis Desa Setiarejo diterima secara langsung oleh Kepala Desa Setiarejo, Handoko.

"Kami sangat mengapresiasi mahasiswa KKN IAIN Palopo dan berterima kasih karena telah membantu kami dalam menyediakan informasi mengenai desa kepada masyarakat kami secara khusus dan seluruh masyarakat yang berasal dari daerah luar secara umumnya melalui Pembuatan Infografis Profil Desa Setiarejo, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu", jelas Handoko. (rls/ikh)

  • Bagikan