Mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan Sukses Melaksanakan Kegiatan Seminar Internasional

  • Bagikan

PALOPO --- Pada tanggal 26 November 2023, Porgram Studi Teknik Pertambangan Universitas Andi Djemma Palopo melaksanakan kegiatan Seminar Internasional dengan metode daring menggunakan aplikasi Zoom. Dengan tema“ Peluang dan Strategi Studi Di Luar Negeri (Abroad School) Untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Dan Terkemuka”, di harapkan dapat memberikan wawasan dan motivasi seputar Studying Abroad. Kegiatan ini di hadiri oleh tiga pemateri yang sedang melanjutkan studinya di Luar Negeri, yaitu Poland, Amerika dan Jepang.
Dilaksanakan pada pukul 09.00 di awali dengan penampilan tarian tradisional yang terdiri dari 5 Etnis di antaranya : Luwu, Makassar, Bugis, Mandar dan Toraja, yang bermakna sebagai generasi unggul dan terkemuka harus menjunjung tinggi sikap toleransi dan menghargai satu sama lain. Tarian ini diperagakan di halaman Istana Kedatuan Luwu, yang merupakan salah satu saksi bisu perjuangan Datu Andi Djemma dengan semangat juangnya melawan penjajah dan mengayomi rakyatnya.
Wakil Rektor IV Universitas Andi Djemma Palopo, Bapak Dr. Abdul Rahman Nur, S.H, M.H dalam sambutanya mewakili Rektor Universitas Andi Djemma menilai bahwa seminar internasional ini sangat menarik dengan hadirnya para pemateri yang sedang melanjutkan studinya di Luar Negeri. “ Terima kasih kepada Ketua Program Studi Bapak Anshar Abdullah Jawil, S.T, M.T dan para dosen serta mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan yang telah melaksanakan kegiatan seminar internasional ini hal yang menarik dan perlu terus di kembangkan sesuai visi Unanda yaitu menuju generasi unggul dan terkemuka” ujarnya.
Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Program Studi Teknik Pertambangan. Bapak Anshar Abdullah Jawil, S.T, M.T menjelaskan visi Universitas Andi Djemma sebagai latar belakang kegiatan seminar ini. “Kami melaksanakan seminar internasional ini karena di latar belakangi oleh visi Unanda, visi Unanda itu ada dua kata mungkin yang menurut kami kata kuncinya adalah unggul dan terkemuka, kata ini sangat visioner menurut kami”,ujarnya. “Karena daerah kita Luwu Raya ini sngat kaya akan sumber daya alam, jiakalu kita tidak menyiapkan generasi yang unggul dan terkemuka maka manfaat dari sumber daya alam itu sepertinya tidak akan maksimal yang kita peroleh”,lanjut Ketua Prodi Teknik Pertambangan.
.
Selanjutnya sesi materi yang dipandu oleh dosen Prodi Teknik Pertambangan, Ittong Sulle, S.T, M.T. Materi pertama yang di bawakan oleh Ibnu Munzir, yang sedang melanjutkan studi PhD Student on Petrology, Mineralogy dan Geochemistry Institute of Geological Science, Jagiellonian University di Poland. Ibnu Munzir membawa materi tentang “Benefits To Study Abroad”. “Jadi untuk teman teman yang punya rencana untuk study ke luar negeri di samping beberapa hal yang harus dipersiapkan bahasa Inggris sepertinya harus dipertimbangkan dengan baik”, paparnya. Beliau juga menjelaskan terkait Excange atau pertukaran, pemerintah memiliki program yang bernama IISMA (Indonesian International Student Mobility Award) dimana mahasiswa mendapatkan kesempatan mendapatkan Study Excange ke luar negeri selama 1 semester. Program ini terbuka bagi semua mahasiswa di Universitas manapun.
Pemateri kedua, Jayanti T yang sedang melanjutkan Studi Master Of Science di Colorado University, United States. Topik dari materi kedua ini yaitu “Study In Mines”. Pemateri memaparkan pengalamannya hingga dapat melanjutkan studinya di luar negeri melalui jalur beasiswa LPDP 2022. Pemateri juga menjelaskan strategi dan opportunity Studi di luar negeri khususnya di Colorado University, US. Kemudian pemateri menjelaskan materi utamanya tentang dunia pertambangan diantaranya, Sistem operasional digital sebagai pembangunan berkelanjutan, mine life cycle, Hierachical Mine Planning Process,Mid Term Mine Plan Engineer.
Materi Ketiga yang di bawakan oleh Arif, Studi PhD Economic Geology di Kyushu University Jepang. Adapun beberapa Topik pembahasannya “Mext Scholarship, General admission documents, Application Process, University in Japan, Strategy Study Abroad”. Pemateri menjelaskan mengapa memilih Jepang untuk melanjutkan studinya, yang pertama budaya Jepang, kemudian Kualitas & standar pendidikan lebih tinggi, dan beberapa professor yang berasal dari Kyushu University. “kemudian untuk strategi yang pertama itu harus memahami dulu kenapa kita keluar negeri, kuliah di luar negeri”,ujar Arif.

Kemudian dalam sesi tanya jawab para peserta aktif bertanya, Fitri dari SMAN 3 Luwu Melontarkan Pertanyaan kepada Pemateri Ketiga Arif, “apa yang menjadi istimewa pada kualitas pendidikan di budaya jepang” Ujar Siswi SMAN 3 Luwu. “Mungkin dari segi kedisiplinan yang utama yang sering saya alami selama satu tahun di sini”, Jawab Arif. “Kemudian dari segi fasilitas itu sebagai contoh kenapa saya pilih Jepang pertama itu saya sekolahnya dulu S1 S2 di Unhas notabene semua fasilitas yang ada di Unhas itu brandnya dari Jepang, kemudian kualitas pengajarnya tak bisa di pungkiri banyak professor professor terkenal dari jepang”, lanjutnya.
Keberhasilan seminar ini tidak hanya terletak pada informasi yang disampaikan, tetapi juga pada jaringan yang terbentuk antara peserta dan pemateri. Beberapa peserta bahkan menyatakan niat untuk menjalin kerja sama lebih lanjut atau melakukan pertukaran ilmiah di masa depan. Ini menunjukkan bahwa seminar tidak hanya menjadi sumber pengetahuan, tetapi juga sarana untuk membangun komunitas yang mendukung aspirasi akademis. Ketua Panitia, Juan Hadi Perdana Kekung mengaturkan ucapan terima kasih banyak atas partisipasi peserta khususnya mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Andi Djemma. “ kami mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi rekan-rekan semua khususnya mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan Unanda”, ungkapnya.
Dengan demikian, seminar ini tidak hanya menjadi titik awal bagi para peserta untuk menjelajahi peluang studi di luar negeri, tetapi juga merangsang semangat mereka untuk mengejar pendidikan tinggi dengan visi menjadi generasi unggul dan terkemuka di tingkat global.(rls)

  • Bagikan