Wow! Lelang Jersey Messi Pecahkan Rekor Penawaran Pertama Rp80,9 Miliar, Kalahkan Jersey Kobe Bryant

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Luar biasa magnet pemain bola Lionel Messi. Jerseynya laku keras. Dan, mahal lagi.

Yah, satu set enam jersey yang dikenakan legenda sepak bola Argentina Lionel Messi selama Piala Dunia FIFA 2022 menerima tawaran tujuh digit pada lelang hari Kamis, 30 November 2023.

Lelang jersey Lionel Messi memecahkan rekor setelah mendcapatkan penawaran sebesar 5,2 juta dolar atau sekitar Rp80,9 miliar di rumah lelang Sotheby’s.

Satu set enam jersey yang dikenakan Messi dalam pertandingan Piala Dunia 2022 menjadi termahal ketiga sepanjang masa dan lebih tinggi dari memorabilia Kobe Bryant, LeBron James, atau Babe Ruth.

Satu set 6 jersey Lionel Messi resmi dilelang di rumah lelang Sotheby’s-Screenshot/X-

Penawaran 5,2 juta dolar adalah tawaran pertama dań penawaran diperkirakan akan meningkat secara signifikan hingga lelang berakhir pada 14 Desember 2023.

The Action Network melaporkan bahwa standar yang ditetapkan adalah 5,2 juta dolar untuk peralatan tersebut, total tawarannya adalah 6,3 juta dolar jika memperhitungkan premi pembeli.

Tawaran pertama untuk jersey Messi sudah melampaui tawaran pemenang sebelumnya untuk jersey bekas pertandingan.

Potongannya termasuk jersey musim MVP 2007-2008 milik Kobe Bryant berharga sekitar 5,8 juta dolar, jersey New York Yankees 1928-1930 milik Babe Ruth sehargav 5,6 juta dolar dan jersey Game 7 Final NBA 2013 milik LeBron James seharga 3,6 juta dolar.

Tawaran untuk jersey Messi bahkan bisa melebihi harga jersey 'Hand of God' milik Diego Maradona yang seharga 9,3 juta dolar dan jersey Final NBA 1998 milik Michael Jordan 10,1 juta dolar pada akhir lelang.

Set tersebut mencakup dua kaus yang dikenakan Messi selama babak penyisihan grup, sementara empat lainnya dikenakan selama Babak 16 Besar, perempat final, semifinal, dan momen puncaknya di final melawan Prancis.

Menurut Sotheby’s hasil lelang jersey Messi sebagian akan disumbangkan ke Proyek UNICAS, yang dipimpin oleh Rumah Sakit Anak Sant Joan de Déu (SJD) Barcelona dengan dukungan dari Leo Messi Foundation, untuk memenuhi kebutuhan anak-anak yang menderita penyakit langka.

Satu set emam jersey pemain timnas Argentina, Lionel Messi menjadi koleksi memorabilia olahraga paling berharga ketika penawaran dibuka akhir November lalu.

“ Koleksi luar biasa ini diperkirakan berjumlah lebih dari US$ 10 juta (Rp 154,42 miliar), dan penjualan ini akan menjadi koleksi memorabilia olahraga paling berharga di lelang,” kata Sotheby’s dalam sebuah pernyataan pada Senin, 20 November 2023.

Namun, Sotheby's menolak mengungkapkan berapa banyak hasil yang akan disumbangkan untuk amal.

Penawaran untuk jersey putih dan biru langit itu akan dibuka mulai 30 November hingga 14 Desember 2023, bertepatan dengan pameran publik untuk memamerkan koleksi tersebut.

Messi dianggap oleh banyak orang sebagai pemain sepak bola terhebat sepanjang masa, permata utama dalam resume Messi adalah kemenangan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Meskipun kalah dalam pertandingan pertama mereka dengan cara yang memalukan melawan Arab Saudi, Messi memimpin Argentina saat mereka bangkit kembali dan menuju supremasi global.

Messi menyelesaikan turnamen dengan tujuh gol dan tiga assist, termasuk dua gol di final yang memilukan.

Selain membantu Argentina memenangkan Piala Dunia pertama mereka sejak 1986, Messi juga dianugerahi Bola Emas sebagai pemain terbaik turnamen dan Sepatu Perak sebagai pencetak gol terbanyak kedua di belakang pemain Prancis Kylian Mbappe.

Setelah Piala Dunia, Messi meninggalkan Eropa untuk bergabung dengan Inter Miami di Major League Soccer.

Sejak saat itu, ia membantu klub memenangkan trofi pertama mereka dengan memenangkan Piala Liga dan juga dianugerahi Ballon d'Or kedelapan atas aksi heroiknya di Qatar. (dis/pp)

  • Bagikan