Jelang Nataru dan Pemilu, Kesbangpol Rakor Tiga Pilar

  • Bagikan
Bupati Luwu Timur, H Budiman pada Rakor tiga pilar jelang perayaan Natal dan Tahun baru serta mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI -- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesabangpol) Luwu Timur mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) tiga pilar jelang perayaan Natal dan Tahun baru serta mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang.

Kegiatan Rakor tiga pilar tersebut, berlangsung di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Luwu Timur, Selasa 5 Desember 2023.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam sambutannya saat membuka Rakor tiga pilar itu mengatakan, terciptanya situasi daerah yang selalu kondusif, dikarenakan kepedulian semua pihakkita yang selalu bersinergi antara seluruh jajaran aparatur pemerintah, bersama dengan Forkopimda, jajaran TNI/Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita, LSM dan Pers, apalagi dalam menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) serta Pemilu 2024 mendatang.

Lebih lanjut Budiman menyampaikan, dimasa sekarang ini arus informasi dan globalisasi semakin deras yang menjadi tantangan kita semua, arus informasi yang bergerak dengan cepat sehingga kita belum sempat bergerak tetapi informasi sudah sampai, karena semua sudah berada di genggaman, hal itu harus kita sadar betul sehingga menjadi tantangan tersendiri di dalam menghadapi beberapa event.

“Kita semua harus menyadari event pemilu yang tidak lama lagi, dimana pemilu itu berdekatan dengan pelaksanaan Hari Perjuangan Rakyat Luwu (HPRL), apalagi kabupaten Luwu Timur menjadi tuan rumah dalam perayaan HPRL, ini tentu menjadi PR besar, bagi kita semua karena panitia penyelenggaranya sebagian besar ASN, sehingga diharapkan netralitasnya harus tetap di jaga,” imbuhnya.

Mengakhiri sambutanya, orang nomor satu di Bumi Batara Guru itu berharap kepada para kepala desa yang sangat dekat dengan masyarakat agar bisa menjaga daerahnya masing-masing, terutama tidak melibatkan diri atau terlibat dalam agenda politik praktis, jaga netralitas karena para kepala desa merupakan pembina politik di desa terutama menjaga harmonisasi serta ketentraman dan kenyamanan masyarakatnya
“Itulah sebabnya mobil-mobil Pemda tidak lagi pasang foto-foto saya, supaya adem, situasinya dingin, sehingga kita berharap hasil pemilihan kita mendapatkan pemimpin yang terbaik bagi negeri ini dan kita tidak perlu menyebar hoax dan menyebar ujaran kebencian, mari kita jaga persatuan dan keamanan di Bumi Batara Guru yang kita cintai,” tuturnya.

Kepala Kesbangpol Lutim, Guntur Hafid menjelaskan, tujuan rakor ini dalam rangka menghadapi natal, tahun baru serta mendukung sukses penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 maka diperlukan dukungan dan peran serta semua pihak termasuk unsur pemerintahan baik dari pusat, provinsi, daerah maupun pada tingkat pemerintahan dibawah yaitu para Lurah, Kepala Desa, bersama dengan dari unsur TNI/Polri yakni Babinsa dan Babhinkantibmas yang biasa disebut dengan 3 pilar di desa.

“3 pilar di desa dalam meningkatkan kewaspadaan dini di daerah yakni pendeteksian dan cegah dini sebagai upaya ataupun tindakan untuk menangkal segala potensi, ancaman tantangan, hambatan, dan gangguan sehingga penyelenggaraan Natal, Tahun Baru dan Pemilu 2024 berjalan aman, damai, tertib dan lancar,” jelas Guntur.

Rakor ini ditutup dengan penyampaian arahan dan materi dari perwakilan unsur Forkopimda Luwu Timur yang dimulai dari Wakapolres Lutim, Kompol Syamsul, Jaksa Fungsional Kajari Lutim, Vanny Ritasari, Pabung, Mayor CBA. Bachtiar, Komisioner KPU Lutim, Ilhamuddin Alkadry, Ketua Bawaslu Lutim, Pawennari. (krm/rhm)

  • Bagikan