Ketua TP-PKK Apresiasi Nakes

  • Bagikan
Ketua TP-PKK Luwu, Dr Hj Hayarna Hakim SH M.Si menerima piagam penghargaan Swasti Saba Wistara oleh Bupati luwu pada puncak peringatan HKN ke-59 tingkat kabupaten Luwu Minggu (3/12) lalu. --ft: istimewa--

Pada Puncak Peringatan HKN ke-59

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Dr Hj Hayarna Hakim SH, M.Si Minggu (3/12) lalu menghadiri puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di lapangan Andi Djemma Belopa. Dlam kesempatan tersebut Hayarna memberi apresiasi kinerja jajaran Tenaga Kesehatan (Nakes) Kabupaten Luwu.

"Alhamdulillah belum lama ini Bapak Bupati Luwu menerima penghargaan nasional tertinggi di bidang kesehatan Swasti Saba Wistara. Semua ini tidak terlepas dari kerja keras tenaga kesehatan Kabupaten Luwu untuk mengawal pembangunan dibidang kesehatan," ungkap Hayarna.

Dalam kesempatan tersebut Hayarna juga memotivasi segenap tenaga kesehatan Kabupaten Luwu agar tetap bersinergi bersama Kader PKK Kabupaten Luwu untuk tiada henti mengajak masyarakat mewujudkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dalam upaya mendorong prilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat.

"Prilaku hidup sehat bisa kita wujudkan dengan pilar 5 Pilar STBM. Stop BAB sembarangan, Cuci tangan pakai sabun, Pengolahan air minum dan makanan dengan benar, Pengolahan sampah rumh tangga dan Pengelolaan limbah cair rumah tangga dengan tidak mencemari lingkungan," katanya.

Hayarna mengatakan, kader PKK Luwu memiliki tugas meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui program-program kesehatan, seperti mengupayakan mencegah stunting dengan pemberian makanan tambahan dan bergizi serta penerapan STBM.

"Kader PKK dan tenaga kesehatan harus terus bersinergi. Kita berharap pemberian penghargaan Swasti Saba Wistara bukan hanya menjadi formalitas, melainkan juga untuk memicu untuk terus berprilaku hidup sehat. Lewat momentum HKN inilah kita perkuat komitmen tersebut. Melakukan transformasi kesehatan," kata Hayarna.

Pada puncak HKN ke-59 tersebut bersama Bupati Luwu, Dr. H. Basmin Mattayang, M.Pd. Hayarna mengikuti senam sehat, kemudian dilanjutkan penyerahan Penghargaan Swasti Saba Wistara kepada Hayarna selaku Ketua Forum Kabupaten Sehat, kemudian dilakukan pemberian penghargaan kepada 4 orang tenaga kesehatan teladan yang berhasil membuat inovasi dalam bidang pelayanan kesehatan.

Tenaga kesehatan tersebut adalah Nurmiati Hamzah (Puskesmas Bajo), Drg. Apriyanti (Puskesmas Walenrang), Aditya Pramudya (Puskesmas Walenrang Timur) dan Askar Ilyas (Puskesmas Belopa Utara), pula dilaksanakan devile dan berbagai lomba seperti estafet sarung, joget balon dan berebut kursi. (and/ikh)

  • Bagikan