Fakultas Kedokteran UMB Palopo Siap Menerima Mahasiswa Baru Tahun 2024

  • Bagikan
Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Prof. DR. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SpPD, K-GH, SpGK yang merupakan pembina dari pendirian Fakultas Kedokteran UMB Palopo memaparkan capaian progres persiapan pembukaan FK UMB Palopo kepada Tim Visitasi Kemenkes RI. ALDY/HUMAS UMB PALOPO

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Usul pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo telah melalui sejumlah tahapan hingga hari ini, Selasa 12 desember 2023 dimana telah dilakukan tahapan terakhir yakni Evaluasi Lapangan Usul Pembukaan PS Kedokteran, Program Sarjana dan PS Pendidikan Profesi Dokter untuk mengantongi ijin operasional. Dari hasil evaluasi yang dilakukan dari pagi sampai sore hari mendapatkan sejumlah rekomendasi, berupa penajaman kurikulum serta penataan sarana prasarana, yang merupakan perbaikan minor.

Rektor UIMB Palopo, Dr Hj NIlawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes, CIPA, Pembina Yayasan Pendidikan Mega Buana, H Rahim Munir, SP, MM dan sejumlah tim visitasi serta ara SDM calon dosen Fakultas Kedokteran UMB Palopo foto bersama. --hms umb--

Pembina Yayasan Pendidikan Mega Buana, H Rahim Munir, SP, MM mengalungkan bunga kepada tim visitasi saat tiba di Mega Buana Tower. --hms umb--

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin , Prof. DR. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SpPD, K-GH, SpGK yang merupakan pembina dari pendirian Fakultas Kedokteran UMB Palopo mengatakan bahwa pihaknya segera melakukan apa yg menjadi rekomendasi evaluator dalam waktu dekat ini. "Insya Allah UMB Palopo siap menerima mahasiswa Fakultas Kedokteran tahun 2024,"katanya.

Rektor UMB Palopo, Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes, CIPA saat menyambut kedatangan tim visitor. --hms umb--

Senada dengan itu Ketua tim Evaluasi Lapangan Pendirian Fakultas kedokteran dan Sekaligus Mewakili direktur Kelembagaan Dikti, Deny Kurniawan, M.Sc., Ph.D menilai persiapan usul pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo luar biasa. sehingga ia optimis melihat UMB Palopo secepatnya bisa mengantongi ijin operasional untuk pembukaan tersebut. Beliau juga menambahkan bahwa UMB Palopo salah satu perguruan tinggi swasta yang mendirikan Fakultas Kedokteran yang lebih dari siap, "kami mengapresiasi, seperti misalnya SDM yang direkrut semua berpengalaman dan masih muda , dan banyak diantara SDM sudah bekerja di RS Mega Buana.

Ketua Divisi Pendidikan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), dr. Mariatul Fadilah, MARS.,Ph.D bersama Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin , Prof. DR. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SpPD, K-GH, SpGK saat melakukan visitasi ke laboratorium anatomi. --hms umb--

Untuk kurikulum, kata pak Deni, UMB Palopo sudah menemukan penciri, sisa mau dipertajam, terlebih peralatan laboratorium diatas standar, sisa dilakukan penataan sesuai standar yang ada. Bahkan disebutkan, dalam waktu dekat jika ijin operasional telah didapatkan setelah mengirim kembali rekomendasi yg telah diberikan, maka UMB Palopo sudah sangat siap untuk pembukaan Fakultas Kedokteran ini.

Tim Visitasi, dr. Liliyana Sugiharto, MS, PA(K) saat melihat laboratorium terpadu. --hms umb--

Rektor UMB Palopo, Dr Hj NIlawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes, CIPA dalam sambutannya mengungkapkan perjalanan UMB Palopo dimana hingga saat ini mengusul untuk pembukaan Fakultas Kedokteran yang dimulai dari bimbingan belajar kemudian menjadi sekolah tinggi lalu bertransformasi menjadi Universitas dengan membina 4 Fakultas diantaranya Fakultas Kesehatan, Fakultas Bisnis, Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Komputer. Dan saat ini mengusul membuka Fakultas Kedokteran.

Dalam perjalanannya UMB Palopo juga telah melakukan alih kelola sejumlah perguruan tinggi yakni dua perguruan tinggi menyatu kedalam Universitas Mega Buana Palopo dan 3 Perrgruuan Tinggi berdiri sendiri yang sepenuhnya dikelola oleh yayasan pendidikan mega Buana Palopo yakni Akbid Mega Buana Sinjai, Akbid Mega Buana Palu dan Sekolah Tinggi ILmu Maritim Mega Buana di Kota Mamuju, Sulbar. Selain itu UMB Palopo tengah membangun empat kampus dalam wilayah di KOta Palopo, dimana 2 kampus telah rampung dikerjakan yakni kampus 2 yang dikhususkan untuk Fakultas Kedokteran.

Hj Nilawati Uly mengungkapkan rencana pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo mulai disusun pada awal November 2016. Itu ditandai dengan dibangunnya Rumah Sakit Umum Mega Buana sebagai tempat alumni UMB Palopo bekerja dan melakukan praktik, termasuk mahasiswa Fakultas Kedokteran UMB Palopo nantinya.

Salah satu dokter yang merupakan calon dosen saat menjawab pertanyaan dari tim. --hms umb--

Terkait rencana pembukaan program studi Kedokteran di UMB Palopo ini diungkapkan pihaknya telah berupaya maksimal untuk dibukanya dua Program Studi yakni S1 Kedokteran dan Profesi Dokter, selain sebagai kado ke 14 tahun UMB Palopo, ini juga merupakan kebutuhan masyarakat dan dunia kesehatan khususnya di wilayah Indonesia Timur. Dimana UMB Palopo dalam pembukaan Fakultas Kedokteran ini berangkat dari kebutuhan tersebut mulai letak geografis, kebutuhan akan layanan kesehatan masyarakat dan sebagainya.

Pembukaan acara visitasi ini dilakukan di aula serba guna, lantai tiga Mega Buana Tower, dihadiri oleh Direktur Kelembagaan Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset & Teknologi, Dr. Lukman, S.T., M.Hum, Ditjen Tenaga Kesehatan, Kementerian Kesehatan, Direktorat Kelembagaan Deny Kurniawan, M.Sc., Ph.D, Pihak LAM-PTKes, Insan Sosiawan A. Tunru, Ph.D, Ketua Divisi Pendidikan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), dr. Mariatul Fadilah, MARS.,Ph.D, Wakil Ketua AIPKI Wilayah 6, Dr. dr. H. Nasruddin Andi, Mappaware, Sp.OG (K).,MARS.,M.Sc, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. dr. Amir Syafruddin, M.Med.Ed, Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI), dr. Andi Wahyuningsih Attas, Sp.An., KIC.,MARS, dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, dr. Liliyana Sugiharto, MS, PA(K) dan Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Dany Hilmanto, dr.,Sp.AK.

Selain tim tersebut, Tim Fakultas Kedokteran yang merupakan pembina dari rencana pembukaan Fakultas Kedokteran juga hadir yakni Dekan, Prof. DR. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SpPD, K-GH, SpGK juga hadir bersama tim yang turut mendampingi proses visitasi ini. Turut juga hadir mewkili Walikotya Pj Walikota Palopo, yakni Sekkot Palopo, Drs Firmanza, Ketua IDI Palopo, dr. Abdul Syukur Kuddus, Sp.B.,FINACS, sejumlah Direktur rumah sakit, serta tamu dan undangan lainnya.(hms)

  • Bagikan