Anies Sebut Banyak Aturan di Indonesia Ditekuk Oleh Kepentingan Kekuasaan

  • Bagikan
Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan membeberkan kondisi hukum di Indonesia saat ini. Menurutnya, saat ini banyak aturan di Indonesia yang ditekuk oleh kekuasaan.-Istimewa-

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ada hal menarik yang disampaikan Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan soal kondisi hukum di Indonesia saat ini. Menurutnya, saat ini banyak aturan di Indonesia yang ditekuk oleh kekuasaan.

"Yang terjadi banyak aturan ditekuk sesuai kepentingan yang sedang memegang kekuasaan, apakah ini diteruskan? tidak," tegas Anies dalam debat capres perdana di kantor KPU, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Lebih jauh, Anies menegaskan hal tersebut tidak boleh dilanjutkan karena Indonesia merupakan negara hukum bukanlah negara kekuatan.

“Lalu, apakah ini akan diteruskan? tentu tidak dan ini harus di ubah. Karena ini, tidak sesuai dengan prinsip hukum yang kita pegang,” ucap Anies

“Kita ini adalah negara hukum dan bukan negara kekuasaan,” sambung dia

Kemudian, Anies menerangkan saat ini Indonesia alami ketumpulan hukum.

“Dalam kenyataannya, saat ini (Indonesia) tengah alami kekuasaan yang tumpul ke atas dan taham kebawah. Oleh karena itu harus ada sebuah perubahaan,” ujar dia. (dis/pp)

  • Bagikan