Tema Hari Juang TNI AD 2023 Sejalan dengan Program Pj Gubernur Sulsel

  • Bagikan

Suasana saat peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2023 dengan Tema TNI AD Bersama Rakyat Bersatu dengan Alam untuk NKRI, dilaksanakan di Lapangan Karebosi Kota Makassar, Jumat, 15 Desember 2023. --hms pemprov--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2023 dengan Tema TNI AD Bersama Rakyat Bersatu dengan Alam untuk NKRI, dilaksanakan di Lapangan Karebosi Kota Makassar, Jumat, 15 Desember 2023. Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, hadir langsung pada acara ini.

Pembacaan Amanat Panglima Besar Jenderal Sudirman oleh Irup Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Disampaikan, pertempuran ini menjadi fase penting dalam perjalanan Jenderal Besar TNI (Anumerta) Raden Soedirman dan bangsa Indonesia. Kemenangan gemilang di Ambarawa menjadi bukti dari taktik perang yang diciptakan oleh pemimpin yang terampil.

"Kami atas nama masyarakat Sulawesi Selatan, atas nama Pemerintah Provinsi dan mewakili Forkopimda Sulsel serta kabupaten/kota, juga bupati dan wali kota se Sulsel, mengucapkan selamat Hari Juang TNI AD ke-78," ucap Bahtiar.

Pj Gubernur Sulsel mengakui, dengan segala prestasi dan torehan selama ini, TNI memang diakui kuat dan hebat dalam mengawal keamanan dan ketahanan nasional, dan tentunya khususnya di Sulsel. Termasuk sinergi dalam mendukung program Pemprov Sulsel.

Bersama KASAD, Pj Gubernur juga menyerahan piagam penghargaan hasil lomba Karya Bakti Tingkat TNI AD kepada Kodim 1408/Makassar.

Rangkaian kegiatan lainnya, berupa Demo Pemilu, Tari Kolosal, Tari Wonderland, dilanjutkan penyerahan bibit pohon kepada KASAD dan Pj Gubernur secara simbolis, dimana 60 ribu bibit lebih ditanam di wilayah Kodam XIV Hasanuddin.

Selain itu, pemberian santunan dan sembako kepada veteran, warakawuri, anak yatim, anak berkebutuhan khusus dan fakir miskin, penanaman pohon serentak seluruh jajaran TNI AD, peninjauan donor darah, dan pengobatan massal, peninjauan stand UMKM serta acara syukuran.

Kegiatan ini berdasarkan tema Hari Juang TNI AD, yang juga sejalan dengan Program Prioritas Pj Gubernur Sulsel.

"Tema ini keren banget dan sejalan dengan program kami di Pemprov Sulsel, Bersatu Satu dengan Alam untuk NKRI. Bayangkan kalau gerakan tanam pohon ini, bisa mengembalikan fungsi ini dilakukan TNI bersama rakyat Indonesia," ucapnya.

Ia menambahkan, gerakan ini selain akan membuat daerah kembali menjadi subur, produktif kemudian untuk menurunkan emisi karbon. "Ini juga terkait isu pemanasan global dan Ini keren banget," ujarnya.

Sedangkan, Jenderal TNI Maruli mengapresiasi kegiatan sinergi yang dilakukan.

"Diketahui kemarin kita sudah melakukan rangkaian kegiatan di Bantaeng, kita membersihkan plastik di pantai dan kita menanam pohon. Serta sumur bor yang merupakan program yang akan terus kita lanjutkan," sebutnya.

Demikian juga dengan TNI menciptakan Pemilu yang aman dan damai di Sulsel. "Menurut survei, Sulsel adalah provinsi yang teraman di Indonesia," pungkasnya. (*/rls/pp)

  • Bagikan