Launching Perdana KUR Budidaya Pisang Cavendish, Bank Sulselbar Salurkan Rp1,15 Miliar ke Petani Bone

  • Bagikan

SUASANA SAAT Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, dan Kepala OJK Sulselbar Darwisman, melakukan Launching Perdana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Cavendish serta menyaksikan Penandatanganan Akad Perdana Kredit Usaha Rakyat Pisang Cavendish antara Bank Sulselbar dengan nasabah penerima, di Aula Rumah Jabatan Bupati Bone, Selasa, 19 Desember 2023. --hms pemprov--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BONE - Untuk membentuk ekosistem bisnis pada budidaya pisang cavendish di Sulsel, maka salah satu faktor pendukung adalah adanya pembiayaan, termasuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para pertani.

Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, dan Kepala OJK Sulselbar Darwisman, melakukan Launching Perdana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Cavendish serta menyaksikan Penandatanganan Akad Perdana Kredit Usaha Rakyat Pisang Cavendish antara Bank Sulselbar dengan nasabah penerima, di Aula Rumah Jabatan Bupati Bone, Selasa, 19 Desember 2023.

Mereka berasal dari Kelompok Tani KSU Labongke, Desa Mattampawanie, Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone. Diberikan kepada 13 petani dengan luas lahan 11,5 hektar, dengan total plafon KUR sebesar Rp1,15 miliar.

Masyarakat bisa mengakses KUR untuk budidaya pisang cavendish yang dibayarkan setelah panen, dengan bunga 6 persen pertahun, KUR usaha mikro dengan plafon anggaran maksimal Rp100 juta per hektare.

"Kita launching perdana. Kita buktikan ini adalah peluang modal usaha masyarakat," kata Bahtiar.

Bahtiar pun mendorong tambahan KUR. Ia berharap, ada Rp15 hingga Rp30 triliun ke depan yang bergerak sebagai sumber modal.

"Saya yakin ekonomi masyarakat akan tumbuh sangat kuat di Sulsel. Itu yang sedang kami ikhtiarkan," sebutnya.

Kepala OJK Sulselbar, Darwisman menambahkan, penandatanganan ini, merupakan tindak lanjut dari program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sulsel.

Sementara, Direktur Bank Sulselbar Yulis Suwandi, mengatakan, ini langkah nyata bagi Bank Sulselbar untuk mewujudkan dan mendukung penuh setiap program Pemprov Sulsel, salah satunya budidaya pisang cavendish di Sulsel.

Sedangkan, Pj Bupati Bone, Andi Islamuddin, mengapresiasi pelaksanaan penandatanganan yang diawali di Kabupaten Bone. Ia berharap dengan adanya lahan pengembangan untuk komoditas pisang di Kabupaten Bone, menjadikan daerahnya maju dan sukses.

"Masyarakat Kabupaten Bone kita dorong untuk memanfaatkan kredit usaha rakyat. Apa yang menjadi harapan Bapak Gubernur Sulsel untuk bisa menjadi dan menumbuhkan tingkat perekonomian masyarakat di Bone saya yakin itu bisa terjadi, saya berterima kasih," ucapnya. (*/rls/pp)

  • Bagikan