Bacabup Luwu Mulai Bergerilya ke Pusat Cari Dukungan

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Pemilihan kepala daerah memang masih ada setahun. Namun, lobi-lobi tokoh dan kader partai mulai dilakukan untuk memuluskan diri untuk bertarung pada pemilihan kepala daerah serentak nantinya.

Khusus di Luwu, beberapa nama sudah mencuat. Mereka pun sudah melakukan lobi mulai dari daerah sampai ke pusat.

Kini, di tengah proses pemilihan calon legislatif dan pemilihan presiden, para figur makin intens berkomunikasi dengan petinggi parpol.

Salah satu bacabup Luwu yang hampir pasti sudah mendapat "kendaraan" maju di Pilkada Luwu adalah H. Harbi Syam dari Partai Gerindra yang oleh DPP PKS sudah memberikan mandat atau rekomendasi untuk maju di PIlkada Luwu 2024.

Hal itu dipertegas Sekretaris DPD PKS Luwu, Usri S.AN MAP kepada Palopo Pos, pekan lalu.

"Rilis dari DPP PKS sudah ada. Namanya sudah ada direkomendasikan, yakni Bapak H. Harbi Syam," lanjutnya.

DPD PKS Luwu menyebutkan kalau yang dipanggil menghadap ke Jakarta adalah H. Harbi Syam. "DPP sudah rekomendasikan bapak Harbi Syam jadi cabup Luwu," tambah Usri yang juga caleg PKS nomor 1 dapil 7 meliputi Kecamatan Bua dan Porang.

Untuk informasi, saat ini jumlah kursi PKS di DPRD Luwu sebanyak 3 kursi. Namun untuk Pilkada Luwu 2024 nantinya masih menunggu hasil Pileg 2024 apakah PKS bisa mengusung calon sendiri atau berkoalisi.

Diketahui kembali DPD PKS Kabupaten Luwu sebelumnya telah membuka penjaringan bakal calon bupati Luwu pilkada serentak 2024. Berlangsung mulai dari tanggal 31 Agustus-14 Oktober 2023, lalu.

Disebutkan Usri, ada lima pendaftar yang masuk ke DPD PKS Luwu. Tetapi yang diusulkan ke DPP melalui DPW PKS Sulawesi Selatan hanya dua (2) orang. "Yakni H. Harbi Syam dan Kol. Agussalim," sebutnya.

Kemudian keluarlah nama H Harbi Syam karena melihat hasil survei yang mengalami tren peningkatan untuk direkomendasikan jadi calon bupati Luwu di Pilkada 2024.

Selain nama H. Harbi Syam yang juga merupakan saat ini Anggota DPRD Provinsi Papua Barat dari Fraksi Gerindra, usai PKS yang memberikan rekomendasi, ke depan Partai Gerindra juga berpeluang mengusung kadernya ini di Pilkada Luwu.

Partai Gerindra Kab. Luwu juga di DPRD saat ini mendudukkan 3 kadernya. Dengan tambahan amunisi PKS dan Gerindra tentunya peluang besar untuk mulus menjadi Calon Bupati Luwu 2024 mendatang.

Parpol sendiri harus memenuhi syarat untuk mengusung calon di Pilkada Luwu, minimal mempunyai dukungan tujuh kursi dari 35 kursi Anggota DPRD Luwu yang ada saat ini.

Selain nama H. Harbi Syam, figur lain yang potensi diusung parpol adalah Ketua Golkar Luwu, Patahudding.

Golkar hampir pasti akan mengusungnya maju di Pilkada Luwu 2024. Apalagi saat ini Golkar juga mendudukkan kader di DPRD Luwu sebanyak tiga kursi. Menurun 50 persen yang Pileg 2014-2019 lalu mempunyai 6 kursi perwakilan.

Ada juga nama Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali yang berpeluang diusung partainya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai Calon Bupati Luwu 2024. Dimana saat ini duduk sebagai pimpinan DPRD serta Ketua PPP Luwu dengan 6 kursi kader PPP.

Nama lainnya yang mencuat Letkol (P) CPM Tabi Pasenggong yang kini terus komunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Hanura. Ia juga saat ini terus membangun komunikasi dengan parpol lainnya untuk berkoalisi. Dimana PKB saat ini mempunyai 2 kursi dan Hanura mempunyai 1 kursi di DPRD Luwu.

Yang menarik juga adalah anggota DPRD Sulsel, Dr Husmaruddin. Kader terbaik PAN ini, dari dulu sudah menyatakan maju. Dan, partainya pun sudah memberikan sinyal. Mantan kepala desa yang karirnya terus melejit ini, sudah beberapa tahun mensosialiasikan diri akan bertarung pada pemilihan kepala daerah di Luwu.

Terus ada nama Arham Basmin Mattayang yang merupakan Ketua Nasdem Luwu. Ia punya kans maju dan melanjutkan perjuangan ayahnya Basmin Mattayang. Saat ini Nasdem Luwu mempunyai tiga kursi di DPRD Luwu. Namun kembali lagi hasil Pileg 2024 yang menentukan. (idris prasetiawan)

  • Bagikan