Festival Budaya The Spirit of Sangtorayan, Tampilkan Kisah Lakipadada Lewat Sendratari

  • Bagikan

Penampilan pentas seni kisah Lakipadada oleh Sendratari Lakipadada pada Festival Budaya ’The Spirit of Sangtorayaan’ di Pasar Seni Makale, Kecamatan Makale, Kamis (28/12/2023) malam. --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Yayasan Kreatif Toraja Raya berkolaborasi bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja mengelar Festival Budaya ’The Spirit of Sangtorayaan’ di Pasar Seni Makale, Kecamatan Makale, Kamis (28/12/2023) malam.

Festival tentang kebudayaan menampilkan pentas seni tentang cerita kisah Lakipadada oleh Sendratari Lakipadada.

Kegiatan tersebut di dukung penuh Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia.

Direktur Festival, Ir. Jeanot Nahasan Nida mengatakan, pelaku seni kreatif terlibat pada festival budaya didominasi Sangtorayaan.

“Terima kasih atas dukungan dan kolaborasi pemerintah pusat dan daerah, selamat menikmati sisa kegiatan penutup yang dihibur langsung oleh band lokal, Tindoki,’ ucapnya.

Lanjut Jeanot, inti dari kegiatan menampilkan Sendratari dengan mengangkat kisah legenda orang Toraja yaitu Lakipadada bertajuk ‘a journey to immortal’ yang berkaitan sejarah kerajaan yang ada di Sulawesi Selatan.

“Ragam budaya yang ada merupakan identitas daerah Toraja, dan pastinya kami akan kembali tahun berikutnya,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tana Toraja, Andarias Lebang menyampaikan festival budaya bagian dari rangkaian event Lovely December 2023 oleh pemerintah daerah dalam mendukung budaya termasuk budaya di Indonesia.

“Tujuan kegiatan ini melindungi dan melestarikan hingga mengembangkan budaya,” ungkapnya.

Mewakili Pemkab Tana Toraja, Andarias mengungkapkan terima kasih kepada Kemendikbud Ristek RI telah memberi kepercayaan bagi anak muda Toraja yang terus mengembangkan kreativitas melalui seni tari, musik dan sebagainya.

Festival kebudayaan Toraja di Makale itu dipadati ratusan penonton di malam hari, termasuk wisatawan mancanegara.

Sebelum Sendratari Lakipadada berlangsung diawali atraksi budaya seperti Mangayo, Ma’ Randing, Pa’ Gellu’ Tua, Passuling Te’ De’, Pa’ Bondesan, Tari Ma’ Papanggan dan Dao Bulan.

Akhir acara dihibur lagu khas Toraja dari Tindoki Band yang pernah mengisi acara Amis Music Festival (AMF) di Taiwan.

Berikut nama-nama tim produksi dan pemeran Sendratari Lakipadada pada Festival Budaya ’The Spirit of Sangtorayaan’ yaitu Sutradara Jeanot Nahasan Nida, Penata Tari Novita Lepong, Penata Iringan Arnold Souisa, Inno Angga dan Bang Doel, Artistik Wilton Layuk dan Oneal Rinti, Stage Manager Deby Astuti Langngan, Wardrobe Lucky Randalayuk, Make up Artist Viona Virga.

Para pemain Alvin A Marthin, Gabryella Ivanka Rerungan, Jhon Judel Rora, Jessica Fani Putri Tomassoyan, Revanelia Christiani Conna Manda, Viola Natadoan Randalayuk, Sukmawati, Bonifasius Granti, Yan Maharani, Pilipus dan Reformasi Bandangan Leke. (Risna)

  • Bagikan