Pekan Depan, DLH Laksanakan Gerakan Menanam Sejuta Pohon

  • Bagikan

Emil Nugraha SSTP MSi
(Kadis LH Palopo)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, AMASSANGAN-- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palopo akan melaksanakan hari gerakan menanam sejuta pohon.

Pelaksanaan Hari Gerakan Menanam Sejuta Pohon se Dunia ini, akan dilakukan 10 Januari 2023. Kegiatan yang biasa juga disebut One Million Tree Planting Day tersebut, akan dipusatkan di Hutan Kota Bukit Lewadang Kecamatan Sendana.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Emil Nugraha S.STP MSi, Kamis, 4 Januari 2024, penanaman pohon nantinya akan melibatkan kepala Perangkat Daerah (PD) lingkup Pemkot.

Menanam pohon katanya, dapat menjadi salah satu solusi. Karena, bisa menjadi area resapan yang baik. Lahirnya gerakan Hari Satu Juta Pohon Sedunia memiliki tujuan untuk menjaga kelestarian pohon yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia.
''Selain untuk pencegahan banjir, keberadaan pohon juga ibarat paru-paru bumi. Karena, dapat menyerap berbagai macam polutan dan menjadikan udara lebih bersih,'' jelasnya.

Selain melaksanakan penanamam pohon, pihak DLH juga akan melaksanakan sejumlah Program Kerja (Proker) yang telah direncanakan. Selain program rutin seperti bidang kebersihan dan bidang pertamanan, juga ada program khusus.

Proker khusus seperti melaksanakan Gerakan Kebersihan Kota (Resik) dua kali sebulan. ''Ini program prioritas Pak Pj Wali Kota. Tahun lalu, sudah jalan,'' jelas Kadis LH Palopo.

Pada Februari 2024 mendatang, juga akan digelar Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan pelaksanaan pemantauan Adipura. Dalam kegiatan ini, DLH berkolaborasi dengan Komunitas pemerhati lingkungan.

Masih rangkaian HPSN, DLH juga memberikan reward kepada petugas kebersihan atau pasukan orange yang memiliki dedikasi tinggi. ''Itu untuk kegiatan pada triwulan I 2024,'' kata Emil. (ikhwan ibrahim)

  • Bagikan