Siap-siap! Seleksi CASN Dimulai Mei 2024, Ada 690 Ribu Formasi yang Akan Diterima

  • Bagikan
Ilustrasi tes CPNS (Foto: JPNN)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ini kabar gembira bagi masyarakat Indonesia yang ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dikabarkan, pemerintah membuka lowongan 2,3 juta CASN dan PPPK tahun ini. Sebanyak 690 ribu formasi untuk lulusan baru.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas menyatakan, seleksi yang dibuka Mei nanti membuka peluang bagi lulusan baru. Ada 690.822 formasi yang dibuka. Fokus yang dibuka adalah untuk pelayanan dasar. Yakni, guru dan tenaga kesehatan.

Dia mengakui, banyak ASN yang berada di kota. Sementara itu, daerah 3T sepi peminat.

’’Merekrut talenta-talenta baru, khususnya fresh graduate, diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik yang merata di seluruh Indonesia dan juga untuk IKN,’’ katanya.

Terkait insentif khusus bagi ASN di wilayah 3T, hal itu sudah termaktub pada peraturan pemerintah yang akan diselesaikan. Insentif yang didapat adalah kenaikan golongan yang lebih cepat daripada yang mengabdi di perkotaan dan waktu cuti yang lebih lama.

’’Yang jadi masalah sekarang bukan soal kurangnya ASN saja, tapi problem distribusi. Karena banyak sekali setelah pengumuman, rekrutmen terjadi, mereka ditempatkan di lokasi daerah tertentu dan tidak lama kemudian minta pindah ke kota,’’ katanya. (fjr/pp)

  • Bagikan