Ini 3 Negara Calon Lawan Timnas Indonesia jika Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Ngeri-ngeri Sedap!

  • Bagikan

Timnas Indonesia berpotensi bertemu lawan berat di 16 besar Piala Asia 2023. --afc--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Tim nasional Indonesia sangat berpeluang lolos ke babak 16 besar. Saat ini, Asnawi Mangkualam cs, berada di peringkat ketiga terbaik di klasemen sementara.

Jika mampu bertahan di posisi itu, atau tidak terlempar di posisi empat besar terbaik, maka dipastikan akan melenggang kangkung ke 16 besar.

Lalu, siapa lawannya kalau lolos ke babak 16 besar? Yah, ada calon lawannya. Di antara tiga itu, tiga ada yang berpotensi bikin Shin Tae-yong menjadi pengkhianat. Hmmm.

Seperti diketahui, laga Timnas Vietnam vs Timnas Indonesia digelar Jumat 19 Januari 2024 malam WIB di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Skuad Garuda menang 1-0 berkat gol tunggal Asnawi Mangkualam dari titik penalti di menit ke-42.

Kemenangan atas Vietnam itu membuka peluang Indonesia lolos ke babak berikutnya dengan maksimal menjadi runner-up grup.

Hal itu baru akan terjadi jika menang di laga terakhir melawan Timnas Jepang.

Andai kalah dengan margin kurang dari dua gol, atau seri melawan The Samurai Blue, Indonesia tetap akan finis di posisi tiga. Lolos sebagai salah satu dari empat peringkat tiga terbaik, juga tidak buruk-buruk amat.

Lalu, siapa saja tiga negara calon lawan Timnas Indonesia di 16 besar Piala Asia 2023? Simak ulasannya.

3 Calon Lawan Timnas Indonesia di 16 Besar Piala Asia 2023.

  1. Timnas Qatar

Peluang berjumpa tuan rumah paling kecil dibandingkan lainnya. Andai finis sebagai peringkat tiga Grup D, maka Indonesia bisa berjumpa Qatar dengan sejumlah syarat.

Komposisi akhir klasemen peringkat tiga haruslah perwakilan dari Grup A, B, D, dan E/F. Jika begitu, maka Indonesia akan berjumpa Qatar!

  1. Timnas Australia

Posisi Australia sebagai juara Grup B masih bisa tergusur Timnas Uzbekistan. Sebab, kedua tim akan bertemu di laga terakhir nanti.

Namun, peluang Indonesia bertemu juara Grup B sangat besar jika finis sebagai peringkat tiga terbaik. Sebab, ada tujuh kemungkinan dari 15 permutasi komposisi tim.

  1. Timnas Korea Selatan

Perjumpaan dengan Taegeuk Warriors baru terjadi jika Indonesia finis sebagai runner-up Grup D. Satu-satunya syarat adalah kemenangan melawan Timnas Jepang di matchday terakhir!

Andai skenario ini terjadi, maka Shin Tae-yong berpotensi dianggap pengkhianat oleh masyarakat Korea Selatan. Sebab, ia harus menyingkirkan negara asalnya jika ingin membawa Indonesia melaju sejauh mungkin!

Itu tadi tiga calon lawan Timnas Indonesia jika lolos 16 besar Piala Asia 2023. Patut dinanti siapa yang akan dijumpai pada fase grup. Nantikan, bakal seru! (*/net)

  • Bagikan