Hasil Copa del Rey: Barcelona Menyerah dari Athletic Bilbao 4-2

  • Bagikan
Barcelona dikalahkan Athletic Club di perempat final Copa del Rey pada Kamis, 25 Januari 2024 dini hari WIB.-@fcbarcelona-Instagram

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SPANYOL-- Nasib sial dialami klub rakasa Spanyol, Barcelona. Tim ini dikalahkan Athletic Club di perempat final Copa del Rey pada Kamis, 25 Januari 2024 dini hari Wita.

Iñaki Williams mencetak gol di perpanjangan waktu usai kembali dari Ghana di Piala Afrika untuk membantu Athletic Bilbao menang 4-2 atas Barcelona.

Secara resmi Athletic Bilbao kini telah mendapatkan satu tiket di semifinal Copa del Rey 2024.

Williams masuk dari bangku cadangan menjelang satu jam pertandingan, dua hari setelah pertandingan terakhir Ghana di Pantai Gading.

Duo Williams mencetak gol hasil rebound tembakannya sendiri yang membentur tiang pada menit ke-107.

Adik laki-lakinya, Nico Williams, kemudian memastikan kemenangan di masa tambahan waktu, membantu Athletic Bilbao ke empat besar untuk musim kelima berturut-turut.

Kekalahan ini merupakan pukulan berat bagi Barcelona, ​​yang ingin mencapai semifinal Copa untuk musim kedua berturut-turut.

Klub Catalan itu awal tahun ini sudah kehilangan peluang lagi untuk meraih gelar ketika kalah 4-1 dari Real Madrid di final Piala Super Spanyol di Arab Saudi.

Barcelona sempat disingkirkan Athletic melalui perpanjangan waktu babak 16 besar Copa 2022.

Athletic menjadi runner-up pada 2019-20 dan 2020-21, dan tersingkir di semifinal dalam dua musim terakhir oleh Osasuna pada 2023 dan Valencia pada 2022.

Klub asal Basque Country itu terakhir kali memenangkan kompetisi tersebut pada tahun 1984.

Williams memulai dari bangku cadangan setelah tiba di Spanyol pada pagi hari pertandingan antara dua klub tersukses di Copa, Barcelona memiliki 31 gelar dan Athletic 23.

Penyerang berusia 29 tahun itu memasuki pertandingan pada menit ke-59 dan tidak menyia-nyiakan peluangnya di perpanjangan waktu, mencetak gol dari jarak dekat setelah upaya pertamanya dari dalam kotak penalti membentur tiang.

“Bahkan dalam mimpi terbaik saya, saya tidak dapat membayangkan hal ini,” kata Williams, dikutip dari laman AP News.

“Semuanya menjadi sempurna. Kemarin saya tidak membayangkan berada di sini setelah pukulan berat (dengan Ghana).” sambungnya.

Putra dari orang tua asal Ghana yang pindah ke Spanyol sebelum ia lahir, Williams memiliki penampilan yang mengecewakan karena Ghana gagal melewati babak penyisihan grup di Piala Afrika.

Dia tidak mencetak gol apa pun saat Ghana kembali ke rumah setelah kalah dan dua kali seri.

Itu adalah pertandingan terbuka di Stadion San Mames, dengan kedua tim memiliki peluang mencetak gol yang signifikan.

Remaja Lamine Yamal memiliki peluang emas untuk mencetak gol kemenangan Barcelona secara regulasi dalam situasi satu lawan satu di menit ke-86, namun ia gagal mencetak gol dari dalam kotak penalti setelah menggiring bola melewati kiper Athletic Julen Agirrezabala.

“Ketika Anda menghadapi pertandingan eliminasi tunggal, sulit untuk menang, begitulah yang terjadi di Copa,” kata pelatih Barcelona, Xavi Hernández.

Athletic memimpin melalui gol Gorka Guruzeta semenit setelah pertandingan dimulai.

Tim tamu bangkit dengan Robert Lewandowski mencetak gol pada menit ke-26 dan Yamal pada menit ke-32 setelah penampilan bagus penyerang berusia 16 tahun itu. Gol Lewandowski adalah suatu kebetulan karena bola memantul dari kakinya sementara seorang bek mencoba menghalaunya dari depan gawang.

Athletic menyamakan kedudukan melalui sundulan Oihan Sancet pada menit ke-49.

Bek Barcelona Alejandro Balde harus diganti hanya pada menit ke-23 pertandingan karena cedera otot.

Athletic, yang menghuni peringkat kelima di Liga Spanyol, telah memenangi enam pertandingan berturut-turut di semua kompetisi sebelum kalah 1-0 di markas Valencia di liga pada Sabtu.

Barcelona, ​​yang berada di peringkat ketiga Liga Spanyol, telah memenangkan enam dari tujuh pertandingan terakhirnya di semua turnamen. (dis/pp)

  • Bagikan