Tuntaskan Provinsi Tana Luwu dan DOB Luteng, Tekad Abubakar Wasahua Maju Caleg PKS Sulsel

  • Bagikan

Nampak Dr. H. Abubakar Wasahua, MH saat foto bersama Direktur Online PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Husain Rasyid, Wakil Direktur Cetak Ikhwan Ibrahim dan Aryanto Tanding, Redaktur Rachmy Yusuf, dan reporter Palopo Pos, Riawan di ruang redaksi Palopo Pos, Senin, 29 Januari 2024. --ist--.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO- Caleg PKS DPRD Sulsel, DR. H Abubakar Wasahua, SH, MH melakukan silaturahim dalam bingkai "Menyapa Warga Tana Luwu" di Kantor Palopo Pos, Senin, 29 Januari 2024 kemarin.

Ia diterima Direktur Online Palopo Pos Husain Rasyid, Pimred Harian Palopo Pos Idris Prasetiawan, dan sejumlah karyawan dan wartawan Palopo Pos.

Pada silaturahim dalam suasana kekeluargaan ini, Abubakar Wasahua yang didampingi anak satu-satunya, memperkenalkan diri sebagai Caleg PKS nomor urut 2 untuk DPRD Provinsi Sulsel dari Dapil XI Tana Luwu meliputi Kab/kota Palopo, Luwu, Lutra, dan Lutim.

Caleg DPRD Sulsel dari PKS, Dr. H Abubakar Wasahua, MH bersama Direktur Online PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Husain Rasyid. --idris prasetiawan--

Ia juga menyampaikan niat maju kembali ke DPRD Sulsel untuk memperjuangkan tugas yang belum selesai yakni Provinsi Tana Luwu dan DOB Luwu Tengah (Luteng). Juga pemberdayaan ekonomi ummat, dan mewakafkan diri untuk berbuat lebih kongkrit buat Tana Luwu.

"Modal saya maju Caleg antara lain karena sudah banyak memberi kontribusi di Tana Luwu. Terakhir masukkan jembatan gantung di Salu Bua Kabupaten Luwu," ucapnya.

Mantan anggota DPRD Sulsel selama 15 tahun ini, menceritakan pengalamannya terkait pemekaran daerah di Sulsel. Ia pernah menjabat Sekretaris Pansus Pembetukan Kabupaten Lutim. Ia juga terlibat dalam pengusulan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Luteng sehingga DPRD Sulsel secara kelembagaan merekomendasikan pembentukan DOB Luteng ke pusat.

''Terakhir dalam sebuah rapat paripurna DPRD Sulsel, saya bertanya kepada Gubernur Sulsel, SYL waktu itu. Saya bertanya, bagaimana komitmen Pak Gub terhadap pembentukan Provinsi Tana Luwu. Pak Gub tidak menjawab pertanyaan saya. Beliau hanya kirim SMS, akan menjelaskan secara langsung kepada saya setelah rapat,'' kenang Abubakar.

Mantan anggota DPR-RI hasil PAW yang menjabat sekira satu tahun ini, yakin lolos ke DPRD Sulsel. Selain sudah memiliki modal jaringan pada Pileg sebelumnya, ia juga memiliki sejumlah jaringan organisasi.

Seperti Ketua Harian Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sulsel, Ketua Parmusi Sulsel, pelekat BKPRMI di Sulsel sekaligus Ketua IKA BKPRMI Sulsel, Badan Koordinasi Muballig Sulsel, Ketua Harian Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel, MUI, ICMI, termasuk hubungan emosional dengan majelis taklim.

Ditambahkan Abubakar, bahwa ada yang menyebut dirinya bukan Wija To Luwu (WTL). Namun menurutnya, ia sudah menjadi bagian dari WTL dan mewakafkan diri untuk masyarakat Tana Luwu. Itu karena istrinya dan anaknya WTL, orang Larompong Kab. Luwu.

Dan selama menjabat anggota DPRD Sulsel dan anggota DPR-RI, dia mengabdikan diri untuk Tana Luwu dan banyak memberikan kontribusi ke Tana Luwu. (ikhwan ibrahim)

Riwayat Singkat :
Nama : Dr. H. Abubakar Wasahua MH.
Pendidikan terakhir S3 UMI Jurusan Ilmu Hukum

Pengalaman Kerja

Anggota DPRD Sulsel selama 3 Periode
1999 s/d 2025

Anggota DPR RI Pergantian Antar Waktu 2018 - 2019
Jabatan di Ormas Islam

Ketua Harian IPHI SS

Ketua Wil. Parmusi SS

Ketua Wil. IKA BKPRMI

Ketua Wil. Badan Koordinasi Muballigh Indonesia (BAKOMUBIN) Sulsel
Anggota Komisi Hukum dan HAM MUI Sulsel
Dll. (***)

  • Bagikan