Siapa Pengganti Mahfud MD? Ini Pernyataan Pihak Istana

  • Bagikan

Pengganti Mahfud MD untuk mengisi posisi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan masih menunggu arahan dari Presiden Jokowi.-tangkapan layar youtube@kpu-

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Siapa pengganti  Mahfud MD usai mengundurkan diri dari posisi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan? Penggantinya, ternyata masih menunggu arahan dari Presiden Jokowi.

Hal itu disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menanggapi keputusan dari Mahfud MD yang mundur dari jabatannya sebagai Menkopolhukam.

"Kita tunggu arahan Presiden saja terkait mundurnya dan siapa pengganti Mahfud MD," kata Ari kepada wartawan di Kemensetneg, Jakarta pada Rabu, 31 Januari 2024.

Ari menjelaskan bahwa sesuai prosedur yang ada, pengunduran diri Mahfud dari posisi Menko Polhukam baru akan efektif setelah disetujui oleh Presiden Jokowi melalui penerbitan keputusan presiden (keppres) pengunduran diri menteri.

"Mekanismenya kan setelah disampaikan, ketika Bapak Presiden memberikan persetujuan tentu ada Keppresnya juga untuk pemberhentian," ujarnya.

Ari juga mengatakan belum mengetahui siapa pengganti Mahfud MD, apakah nantinya menteri pengganti sementara atau langsung diganti secara definitif karena masih menanti sikap Presiden Jokowi.

"Mengenai siapa, apakah nanti akan ada menteri ad interim atau langsung definitif itu akan menjadi bagian dari keputusan dari Bapak Presiden yang akan segera disampaikan setelah beliau menerima Pak Mahfud," tutur Ari.

Sebelumnya, Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

Keseriusannya untuk mundur itu disampaikan di sela-sela kunjungannya ke Pura Ulun Danu Tirta Gangga, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung pada Rabu 31 Januari.

Mahfud mengaku sudah lama sepakat dengan Ganjar, tapi menunggu momentum.

"Momentum itu apa? Momentum itu satu situasi yang tepat dan harus disusun melalui pembicaraan saya dengan Mas Ganjar dengan partai pengusung yang bekerja sama mengusung Ganjar-Mahfud, kemudian dengan istana juga," ujar Mahfud dalam kanal Youtubenya, Rabu, 31 Januari 2024.

Pasangan dari Ganjar Pranowo itu mengatakan dirinya akan menyampaikan pengunduran diri kepada Jokowi pada Kamis esok.

Sebab, Jokowi masih ada di luar Jakarta sampai Kamis besok. Mahfud juga baru akan kembali ke Jakarta Kamis esok.

"Mudah-mudahan kami secepatnya bisa bertemu," kata Mahfud. (*/dis/pp)

  • Bagikan