Mentan Amran Sulaiman Borong Gula Merah dari Tandung Rp1 Juta, Dibawa ke Jakarta

  • Bagikan
Mentan Amran Sulaiman memperagakan caranya membawa gula merah di atas pundak saat mengunjungi stand UMKM di kawasan Lapangan Pancasila yang turut ditemani Pj Wali Kota Asrul Sani. Mentan membeli semua gulamerah Rp1 juta untuk dibawa ke Jakarta. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Pada kunjungan Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman di Kota Palopo, Sabtu 3 Februari 2024, yang mana salah satu rangkaian kegiatannya adalah mengunjungi sejumlah stand UMKM yang berasal dari sektor pertanian.

Salah satu stand yang menarik perhatian Pak Mentan adalah stand dari Gula Merah. Dimana sewaktu melihat langsung kemasan gula merah yang dibungkus dengan daun pohon aren, Mentan Amran Sulaiman bertanya kepada pemilik usaha ini bernama Syamsiah, kalau gula merah yang dijualnya berasal dari daerah Tandung, Kota Palopo.

Mendengar penjelasan tersebut, dengan spontan Mentan langsung merogoh tasnya yang dibawa ajudan dan mengambil uang senilai Rp1 juta lalu memorong semua gula merah yang dikemas pakai daun pohon aren tadi.

"Saya kalau lihat gula merah dibungkus begini (daun aren), wah senang saya. Kenapa? Karena dulu saya bisa hidup sebulan dengan gula merah. Saya ke hutan itu hanya bawa gula merah. Nanti bisa dimakan sama singkong, sama ubi," kata Mentan sambil memperagakan ia membawa gula merah di atas pundaknya.

"Tolong gula merah ini saya beli Rp1 juta ya. Saya akan bawa ke Jakarta semuanya. Nanti dibawa ke pesawat," pinta Mentan kepada ajudannya.

Usai dari stand gula merah Mentan lalu bergeser melihat stand lain muali dari pengolahan biji kopi dan pala.

Diketahui gula merah dari Palopo, khususnya dari Tandung menjadi salah satu UMKM andalan Kota Palopo. Rasa dan mutunya sangat disukai masyarakat. (idr)

  • Bagikan