Anies Sebut Pemberian Bansos Harus Melalu Birokrasi, Bukan di Pinggir Jalan, Singgung Jokowi?

  • Bagikan

Capres nomor urut 01 Anies Baswedan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Bansos saat ini menjadi berita viral. Apalagi menjelang pemilihan presiden.

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan menyebut jika pemberian bansos harus melalui birokrasi pemerintahan. Bukan dibagikan langsung di pinggir jalan.

Pemberian bansos sebelumnya dilakukan Presiden Jokowi di pinggir jalan dan di depan istana dengan memberikan kepada pengendara yang lewat.

"Pemberian bansos harus tepat sasaran. Artinya, diberikan informasi data akurat dan mekanisme pemberian harus birokrasi. Jadi, bukan dibagikan di pinggir jalan apalagi diberikan langsung di lokasi," kata Anies.

Anies mengungkapkan, jika bansos adalah bantuan untuk penerima, bukan bantuan untuk memberi. Artinya, pemberian bansos harus sesuai kebutuhan.

"Bansos adalah bantuan untuk si penerima, bukan untuk si pemberi. Karenanya, dia diberikan sesuai kebutuhan penerima, kalau penerima membutuhkan bulan ini yah diberikan bulan ini,"kata Anies.

"Kalau dibutuhkan tiga bulan lagi yah diberikannya tiga bulan lagi, bukan dirapel semuanya. Itu bansos tanpa pamrih," tambahnya.

Anies mengungkapkan jika dirinya punya program bansos yang membuat penerima menjadi tepat sasaran.

"Bansos harus bisa dipastikan mereka yang miskin pra sejahtera itu termasuk di dalamnya, karena itu kami menyusun bansos plus," pungkasnya. (fjr/pp)

  • Bagikan