Warga Keturunan Tionghoa Dukung YM Datu Luwu untuk DPD RI

  • Bagikan
Ketua Yayasan Budi Bhakti Palopo, Benny Wijaya.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Hari pencoblosan Pemilu 2024 Rabu 14 Februari digelar pekan depan. Pada saat pencoblosan nantinya, salah satu yang akan dipilih adalah anggota DPD RI (Senator).

Dari 16 calon anggota DPD RI Dapil Sulsel yang maju, salah satunya berasal dari Tana Luwu adalah Yang Mulia Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau. Datu Luwu berada pada nomor urut 8.

Dukungan kepada Yang Mulia Datu Luwu semakin berdatangan. Salah satunya datang dari perwakilan warga keturunan Tionghoa Kota Palopo yakni Ketua Yayasan Budi Bhakti Palopo, Benny Wijaya.

Benny secara terang-terangan akan memilih Yang Mulia Datu Luwu pada pencoblosan anggota DPD RI nantinya.

"Kalau calon DPR RI, calon DPRD Sulsel, DPRD Kota silakan beda-beda. Tetapi untuk DPD RI, saya hanya mau imbau untuk kita warga Tana Luwu pilih Yang Mulia Datu. Dia adalah Raja kita. Siri'na Tana Luwu. Jangan ki kasi malu Yang Mulia Datu," kata Benny Wijaya yang ditemui Palopo Pos, Senin 5 Februari 2024 di Cafe Hill and Tiff.

Survei

Diberitakan sebelumnya, persaingan memperebutkan kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Sulawesi Selatan sangat ketat. 16 calon senator terus memburu simpati dan dukungan pemilih menjelang hari pencoblosan 14 Februari 2024 mendatang.

Sejumlah lembaga survei juga sudah merilis elektabilitas calon anggota DPD asal Sulsel, yang berpeluang lolos ke senayan. Salah satunya adalah Lembaga Survei Paramater Indonesia (SPI).

Dalam survei terbarunya, SPI menempatkan Tamsil Linrung dan Al Hidayat Samsu sebagai calon senator asal Sulsel yang paling tinggi elektabilitasnya. Tamsil di posisi teratas dengan tingkat elektoral 14,26 persen. Di posisi kedua Al Hidayat dengan tingkat elektabilitas 12,73 persen.

Peringkat ketiga ditempati Yang Mulia Datu Luwu, Andi Maradang dan incumbent Andi Ihsan di posisi empat. Politisi PDI Perjuangan, Andi Yagkin Padjalangi, incumbent Lily Amelia Salurapa, politisi Golkar, Hatta Marakarma, dan Waris Halid juga masuk peringkat sepuluh besar. Elektabilitas Andi Ihsan sendiri 8,2 persen dan Lily Amelia 2,8 persen.

“Ini kondisi elektoral calon anggota DPD asal Sulsel. Angka ini tentu masih dinamis apalagi pemilu masih ada beberapa pekan lagi. Di survei ini juga kelihatan masih ada swing voters 21 persen,” kata Muh Ilyas, surveyor SPI di Makassar, Sabtu (27/1/2024).

Survei SPI ini dilakukan 8-24 Januari 2024 dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error sekira 3 persen. Menurut Ilyas, survei menggunakan metode multistage random sampling dengan sampel 1.500 orang.(idris)

  • Bagikan