Lagi, Banjir “Kepung” Marobo, TPS 03 Rawan Tergenang, Warga Terisolir

  • Bagikan

BEGINILAH pemandangan akses jalan dari Kelurahan Salubattang menuju ke Marobo yang sudah tergenang air, Selasa, 13 Februari 2024.--insert: Staf Ahli Pemkot Palopo, Nuryadin beserta rombongan meninjau langsung TPS 03 Marobo. --kahar iting--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO--Hujan deras disertai petir dan angin kencang mengakibatkan banjir di Kelurahan Salubattang Kecamatan Telluwanua Kota Palopo, Selasa, 13 Februari 2024.

Dua hari berturut-turut hujan membuat sungai Salubattang tak mampu mrnampung air kirim dari hulu yang menyebabkan terjadinya peluapan sehingga air banjir dengan mudah merayap masuk ke pemukiman warga

Terparah di Lingkungan RT 02/RW03 Marobo, kampung tertua di Telluwanua tersebut terkepung banjir.

Imbasnya, puluhan KK yang ada di dalam kampung terisolir tak mampu keluar kampung disebabkan dua titik akses penghubung dari kelurahan ke Marobo tergenang air banjir.

Ironisnya, sehari lagi akan digelar Pemilu 2024, di Marobo sendiri terdapat satu TPS yakni TPS 03 dan disinyalir rawan tergenang air.

"TPS 03 memang dari awal titiknya sudah ditetapkan tapi kita pindahkan ke tempat strategis. Menyusul hujan yang terus terjadi sore hari, maka kita telah mengantisipasi dengan lokasi lain jika TPS yang sudah ada saat ini terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tergenang dan sebagainya. Ada alternatif yang kita sudah siapkan yakni rumah dengan posisi yang aman dari banjir dan lokasi rumah yang dimaksud terdekatan dengan posisi TPS yang saat ini ada," kata Ketua KPPS TPS 03, Fajar, kepada Palopo Pos, Selasa, 13 Februari 2024.

Tim Pemkot Palopo, dalam hal ini Staf Ahli Pemkot Palopo, Nuryadin bersama rombongan telah meninjau langsung TPS 03 Marobo, Kelurahan Salubattang.

Diakui Nuryadin, bahwa kedatangannya ke Kecamatan Telluwanua tepatnya di Kelurahan Salubattang, TPS 03 yang sedikit terjadi kendala dikarenakan banjir.

Kendati demikian, setelah berkoordinasi dengan Ketua KPPS beserta para anggota TPS 03, segala sesuatu kendala nantinya telah dipikirkan dan telah disiapkan plening jika hal-hal yang tidak diinginkan kemungkinan terjadi.

"Alhamdulillah, dari 40an TPS di Kecamatan Telluwanua, TPS 03 yang pertama kami datangi dan Alhamdulillah meski ditengah-tengah adanya banjir, tetapi pelaksana Pemilu khususnya di masing-masing TPS semuanya tetap semangat dan ingin menyukseskan Pemilu yang sudah didepan mata. Insya Allah Pemilu 2024 kali ini sukses," ucap Nuryadin diamini para rombongan dan anggota KPPS.(kahar iting)

  • Bagikan