Uniknya TPS 8 Mancani, Petugas KPPS Kompak Berbaju Adat Rongkong

  • Bagikan
Warga memasuki TPS 08 Mancani untuk menyalurkan hak pilih. Di TPS ini menampilkan ciri khas budaya Rongkong Tana Masakke berupa batik hingga pakaianadat perang. --ft: IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MANCANI-- Salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang unik di Kota Palopo adalah TPS 08 Kelurahan Mancani.

Di TPS ini para petugas TPS-nya kompak mengenakan baju adat Rongkong. Tak hanya itu, lingkungan TPS juga dihiasi dengan pelbagai pernak-pernik khas Rongkong, Tana Masakke. Yakni berupa topi perang masyarakat Rongkong lengkap dengan parang dan tameng.

Ketua TPS 08 Kelurahan Mancani, Tinus S.Pd selaku komando di TPS ini mengungkapkan, penggunaan baju adat Rongkong di TPS 08 karena dilingkungannya ini mayoritas berasal dari Rongkong, Luwu Utara. Selain itu, juga untuk mengenalkan lagi budaya Rongkong kepada masyarakat di Kota Palopo.

Adapun tujuh petugas TPS 08 Mancani memakai batik khas motif Rongkong. Bagi yang laki-laki menambahkan penutup kepala (Passapu').

Dari pantauan Palopo Pos, di TPS 08 ini masyarakat sangat antusias menyalurkan hak pilihnya. Ditandai dengan meskipun sudah lewat pukul 13.00 Wita, petugas TPS masih sibuk memanggil warga untuk memilih yang sudah terlebih dahulu memasukkan undangan kartu pemilih yang dibagikan jauh sebelum hari H pencoblosan.

Warga juga sedikit menyoroti antrean yang lama menunggu untuk mencoblos. Hal ini dikarenakan adanya keterlambatan logistik yang tiba di TPS.

"Sudah jam 12 siang ini, saya sudah antre 1,5 jam tidak ada panggilan," kata salah seorang emak-emak.

Sementara itu, dari pihak Linmas TPS 08 Mancani, Rio menuturkan kalau logistik baru tiba pukul 07.00 Wita, sedangkan warga sudah banyak yang datang. (idr)

  • Bagikan