Pj Gubernur Sulsel Cek Lokasi Pembibitan Sukun yang Diinisiasi Kelompok Tani Desa Samaenre

  • Bagikan

Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat mengecek pembibitan sukun yang dilakukan Kelompok Tani Desa Samaenre, Sabtu, 17 Februari 2024. --hms pemprov--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BONE-- Pembibitan sukun yang diinisiasi langsung kelompok tani di Desa Samaenre, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, menarik perhatian Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. Saat ini para kelompok tani sudah menghasilkan bibit sukun mencapai 100.000 bibit yang siap untuk ditanam di lahan-lahan kosong di Sulsel.

Hal tersebut berdasarkan pengakuan dari Pendamping Komunitas Pembibitan Sukun Desa Samaenre, Muh Yusuf, saat ditemui di lokasi pembibitan, Sabtu, 17 Februari 2024.

Menurut Yusuf, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan masyarakat kelompok tani yang dibina mulai dari pemerintah desa, pemerintah kecamatan sampai kabupaten dan balai benih.

"Sumber benih ini berasal dari kebun-kebun masyarakat yang telah disertifikasi oleh Balai Benih. Dan InsyaAllah kita maksimalkan bagaimana bibit ini tetap berkualitas sampai ke lokasi penanaman," kata Yusuf.

Untuk saat ini, pembibitan sudah mencapai 100.000 bibit yang siap untuk ditanam di berbagai lahan kosong di Sulsel. Hal ini juga untuk mendukung program budidaya sukun dari Pemprov Sulsel sekaligus melakukan penghijauan.

"Untuk saat ini sudah 100.000 bibit dan kita akan selalu mengembangkan dalam rangka mendukung program Bapak Gubernur Sulsel," tuturnya.

Apalagi kata Yusuf, tanaman sukun ini selain mampu menyimpan debit air yang banyak untuk tanah, juga memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi bagi para petaninya. Dan paling penting memiliki nilai sosial bagi masyarakatnya.

"Tanaman sukun ini adalah tanaman yang multiguna, bisa digunakan penghijauan sekaligus memberikan nilai ekonomi dan nilai sosial bagi masyarakat," pungkasnya. (*/rls/pp)

  • Bagikan