Saling Klaim Kursi ke-7 Dapil 1

  • Bagikan

Mulai Golkar, PDIP, PAN, hingga Demokrat

TOMPOTIKKA-- Kursi ke-7 Dapil 1 Kota Palopo meliputi Kec. Wara dan Wara Utara, tiba-tiba jadi 'seksi'.

Sejumlah partai politik (Parpol) mengklaim mendapatkan kursi tersebut. Mulai dari Golkar, PDIP, PAN, PPP, hingga Demokrat.

Apalagi sebelumnya, beredar luas di media sosial daftar nama 25 Caleg yang lolos di DPRD Palopo periode 2024-2029. Daftar tersebut berupa tangkapan layar dengan latar belakang warna hijau.

Juga ada tulisan tangan daftar Caleg yang lolos di DPRD Palopo. Hanya saja pada tulisan ini, kursi ke-7 Dapil 1 masih kosong.

Ketua KPU Palopo, Irwandi Jumadin yang dikonfirmasi Ahad, 18 Februari 2024 kemarin mengatakan, saat ini pihaknya melaksanakan proses rekapitulasi tingkat Kecamatan. KPU juga belum dapat memastikan peraih kursi DPRD Palopo.

"Proses rekapitulasi sementara berlangsung. Untuk memastikan siapa yang terpilih kita tunggu hasil pleno dan penetapan," katanya.

Berikut klaim dan potensi parpol yang mendapat kursi ke-7 Dapil 1.


Zubir Surasman Menguat

Peraih kursi ke tujuh Dapil 1 Kota Palopo masih misterius. Ada beberapa partai mengklaim posisi kursi ke tujuh di Dapil 1 ini, termasuk partai Golkar.

Informasi terbaru, posisi kursi ke tujuh ini menguat diraih Golkar untuk menambah perolehan kursi ketiganya di Dapil 1 meliputi Kec. Wara dan Wara Utara.

Ketua Golkar Palopo, Rahmat Masri Bandaso (RMB) kepada Palopo Pos, Sabtu, 17 Februari 2024, mengaku posisi Golkar di Dapil 1 siap mengambil kursi ketujuh melalui bilangan pembagi lima dengan data suara yang masuk sementara 7.000 lebih.

"Proses penginputan data sementara masih berjalan. Partai Golkar tentunya akan mengamankan kursi ketujuh Dapil 1," tandas RMB. (rul/ikh)


Berhasil Diamankan Demokrat

  • Rustan Tarum Klaim dapat Kursi ke-7

Terkuak sudah, siapa yang berhasil mendapatkan kursi ke-7 Dapil 1 Kec. Wara dan Wara Utara Kota Palopo.

Kursi yang beberapa hari belakangan ini misterius, ternyata berhasil diamankan oleh Caleg Demokrat, Rustan Taruk.

"Demokrat berhasil mengamankan kursi ke-7 Dapil 1 atas nama Caleg Rustan Taruk," kata Rustan kepada Palopo Pos, Sabtu, 17 Februari 2024 malam.

Rustan yang dikenal sebagai 'anak terminal' ini, meminta Kapolres untuk turun mengamankan kursi Demokrat. Karena saat ini, ada Parpol tertentu yang berupaya berbuat curang untuk mengambil kursi tersebut.

"Kalau sampai ada yang berani berbuat curang, saya akan membuat sensasi besar di kota ini. Jadi jangan coba-coba main curang, " ungkapnya.

Disinggung perolehan suara Demokrat sehingga mengamankan satu kursi di Dapil 1, Ruttang, sapaannya, tidak bersedia menyebut angka karena takut dicurangi. "Pokoknya suaraku besar," katanya.

Ruttang juga memperlihatkan daftar nama Caleg yang lolos ke DPRD Palopo. Pada daftar itu, tertera namanya pada kursi ke-7. "Daftar yang beredar itu sudah benar," katanya. (ikh)


PAN Pastikan 2 Kursi

  • Menanti Keajaiban Tambahan Kursi

PAN memastikan mendapat dua kursi di DPRD Kota Palopo pada Pileg 14 Februari 2024. Itu diraih oleh Ely Niang, Caleg PAN Dapil 1, meliputi Kecamatan Wara dan Wara Utara. Serta Siliwadi, Caleg PAN Dapil 2 Kecamatan Wara Timur dan Wara Selatan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPD PAN Kota Palopo, "Bung ABP" Abduh Bakry Pabe melalui telepon, Sabtu, 17 Februari 2024 lalu.

Menurutnya, saat ini, PAN masih menunggu keajaiban mendapatkan tambahan kursi di Dapil 1 dan 2.

PAN masih memiliki sisa suara di Dapil 1 yang signifikan. Sehingga masih berpotensi mendapatkan kursi ke-7 Dapil 1 yang masih misterius pemiliknya saat ini.

Setelah Ely Niang dapat satu kursi, masih ada Andi Fajar yang memiliki suara seribu lebih untuk dapat tambahan kursi Dapil 1.

Di Dapil 2 juga demikian. Setelah Siliwadi dapat satu kursi, masih ada Darsuni Dwi Putra Darwis, Ahyar Amir dan Rachmat, salah satunya berpotensi dapat tambahan kursi di Dapil 2. "Kita tunggu keajaiban, " tandas Abduh. (ikh)


PDIP Menuju Dua Kursi

Sebelumnya dilansir, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapatkan satu kursi menuju dua di Dapil 1 Palopo.

Hal tersebut diungkapkan Ketua PDIP Palopo, Alfri Jamil yang dikonfirmasi Palopo Pos, Jumat, 16 Februari 2024 lalu.

Menurutnya, total suara PDIP di Dapil 1 sebanyak 4.500 lebih. Alfri sendiri memeroleh 1.800 suara. Dengan suara Parpol 4.500 lebih, PDIP berpeluang mendapatkan dua kursi di Dapil 1.

''Kursi ke-7 PDIP masih bisa tambah satu kursi, jadi PDIP dua kursi di Dapil 1, bersaing
dengan PPP (Darmawati) dan Demokrat di kursi ke-7," katanya. (ikh)

  • Bagikan