Ini 3 Rahasia Agar Terhindar dari Overthinking Pada Malam Hari Menurut Psikolog

  • Bagikan

ilustrasi seseorang overthingking pada malam hari

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Apakah Anda pernah mengalami overthinking di malam hari?

Overthinking adalah keadaan di mana pikiran kita terus-menerus memutar-mutar hal-hal negatif, khawatir, atau tidak yakin.

Overthinking bisa mengganggu kualitas tidur, kesehatan mental, dan kesejahteraan kita.

Overthinking sering terjadi di malam hari karena di saat itulah kita memiliki waktu untuk merefleksikan apa yang terjadi sepanjang hari.

Namun, hal ini bisa menjadi bumerang jika kita terjebak dalam spiral pikiran yang tidak produktif dan menyebabkan kecemasan.

Untuk mengatasi overthinking di malam hari, ada beberapa rahasia yang bisa kita terapkan.

Berikut adalah tiga rahasia yang diungkapkan oleh psikolog asal Amerika Mark Travers, Ph.D dalam artikelnya di Forbes, Senin, 19 Februari 2024.

  1. Gunakan Teknik ‘Stop, Drop, and Roll’

Teknik ini adalah cara untuk menghentikan pikiran negatif yang berlebihan dan menggantinya dengan pikiran yang lebih rasional dan positif. Caranya adalah:

Stop: Ketika Anda menyadari bahwa Anda sedang overthinking, katakan pada diri Anda untuk berhenti. Anda bisa mengucapkan kata "stop" dengan keras atau dalam hati, atau menggunakan isyarat visual seperti mengangkat tangan atau menutup mata.

Drop: Setelah Anda berhenti, tarik napas dalam-dalam dan rilekskan tubuh Anda. Anda bisa melakukan teknik pernapasan seperti pernapasan perut atau pernapasan kotak, yang bisa membantu menenangkan sistem saraf Anda.

Roll: Setelah Anda rileks, ganti pikiran negatif Anda dengan pikiran yang lebih realistis dan konstruktif. Anda bisa menggunakan pertanyaan-pertanyaan seperti berikut.
Apa bukti yang mendukung atau menyangkal pikiran saya? Apa yang akan saya katakan pada teman yang mengalami hal yang sama? Apa yang bisa saya lakukan untuk mengatasi masalah ini?

  1. Tulis Jurnal Sebelum Tidur

Menulis jurnal sebelum tidur adalah cara untuk meluapkan emosi dan pikiran yang mengganggu Anda. Dengan menulis jurnal, Anda bisa mengurangi beban pikiran Anda dan membuatnya lebih teratur.

Anda juga bisa mengevaluasi apa yang telah Anda lakukan dan capai sepanjang hari, serta merencanakan apa yang ingin Anda lakukan besok.

Menulis jurnal sebelum tidur juga bisa membantu Anda mengembangkan rasa syukur dan optimisme.

Anda bisa menulis hal-hal yang Anda syukuri, hal-hal yang Anda nikmati, atau hal-hal yang Anda harapkan. Hal ini bisa meningkatkan mood Anda dan membuat Anda merasa lebih bahagia.

  1. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan dan Menenangkan

Jika Anda masih sulit untuk tidur setelah mencoba dua rahasia sebelumnya, Anda bisa mencoba melakukan kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan.

Kegiatan ini bisa membantu Anda mengalihkan perhatian dari pikiran negatif Anda dan membuat Anda merasa lebih rileks.

Beberapa contoh kegiatan yang bisa Anda lakukan adalah:

Mendengarkan musik yang Anda sukai
Membaca buku yang menarik
Meditasi atau yoga
Berdoa atau berdzikir
Menggambar atau mewarnai
Bermain game atau teka-teki
Mengobrol dengan teman atau keluarga

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda hindari saat melakukan kegiatan ini, yaitu:

Menggunakan gadget atau media sosial, karena bisa membuat Anda terpapar informasi atau berita yang menimbulkan stres atau kecemasan.
Menonton film atau acara TV yang menegangkan, menakutkan, atau menyedihkan, karena bisa memicu emosi negatif Anda.
Mengonsumsi kafein, alkohol, atau rokok, karena bisa mengganggu kualitas tidur Anda.
Overthinking di malam hari bisa mengganggu tidur dan kesehatan Anda.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba tiga rahasia yang diungkapkan oleh psikolog Mark Travers, Ph.D yaitu menggunakan teknik stop, drop, and roll, menulis jurnal sebelum tidur, dan melakukan kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan.

Dengan tips tersebut, Anda mungkin bisa meredakan pikiran negatif Anda dan tidur lebih nyenyak. Selamat mencoba dan semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. (jp/palopo)

  • Bagikan