Marak Umrah Backpacker, Kemenag: Siapa yang Menjamin Keselamatan?

  • Bagikan
ilustrasi masyarakat yang sedang umrah

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ini perhatian kepada masyarakat muslim di Indonesia. Kementerian Agama (Kemenag) melarang kegiatan umrah backpacker atau umrah mandiri. Umrah model seperti itu masih banyak diminati oleh warga Indonesia karena dianggap lebih hemat.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Jaja Jaelani mengatakan, umrah backpacker merupakan jemaah yang ingin berangkat umrah dengan budget dan bekal minim.

Jaja menegaskan, Pemerintah Indonesia sendiri sudah melarang jemaah dalam melakukan ibadah umrah secara mandiri maupun backpacker karena bertentangan dengan UU No. 8 Tahun 2019 pasal 86 yang khusus membahas tentang perjalanan ibadah umrah yang harus melalui Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

"Selain itu, sudah merupakan tugas negara dalam melindungi keamanan warga negaranya, baik didalam negeri Maupun diluar negeri. Bagi jemaah yang belum pernah ada pengalaman ke Arab Saudi tentunya akan sangat berbahaya mengingat risiko riskan dalam menjalani ibadah umrah. Jika ada apa-apa, siapa yang akan bertanggung jawab atas keselamatannya?" kata Jaja, Selasa, 20 Februari 2024.

Jaja menambahkan, kasus oknum umrah mandiri dan backpacker ini disinyalir ada peran PPIU di dalamnya. Bila terbukti PPIU tersebut akan disanksi tegas dengan mencabut izinnya.

“Dan jika pelakunya juga seorang individu dan mengajak orang lain secara berkelompok, maka juga akan ditindak secara hukum,” jelas Jaja.

Dia menambahkan proses Visa Arab Saudi yang membolehkan visa turis untuk umrah memang cenderung bertentangan dengan regulasi di Indonesia.

"Ini semua membutuhkan kesadaran masyarakat secara penuh tentang kepastian perjalanan, proses umrah wajib diberangkatkan oleh PPIU, untuk menghindari pertambahan korban-korban lainnya yang terabaikan karena tergiur dengan harga murah dan tidak terjamin keamanannya," pungkas Jaja. (JP/palopopos)

  • Bagikan