Nasdem Berjaya di Luwu-Palopo, PDIP di Lutim, Golkar Kokoh di Lutra

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI -- PDI Perjuangan Luwu Timur di bawah komando Drs H Budiman Hakim M.Pd tampil perkasa di Pemilu 2024. Dari lima daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Luwu Timur, PDI Perjuangan sapu bersih.
Tidak ada dapil yang dilewatkan PDI Perjuangan semua dapil, PDI Perjuangan meraih kursi.

Saat ini, Ketua DPC PDI Perjuangan Luwu Timur dijabat Budiman yang juga adalah Bupati Luwu Timur.
"Melihat fenomena suara yang masuk berdasarkan dokumen salinan C1 di 5 dapil, PDI Perjuangan berpotensi raih 10 kursi," kata Wakil Ketua Bidang Politik Hukum HAM dan Per Undang-undangan PDI Perjuangan Luwu Timur, Muh Nur. Ahad 18 Februari 2024.

"Jika PDI Perjuangan raih 10 kursi maka otomatis pimpinan ada di PDI Perjuangan," tambahnya.
Meski demikian, Cici katakan belum bisa memastikan jumlah kursi di lima dapil, berapa dapil yang dapat dua kursi atau lebih.

"Ini karena belum ada PPK yang melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara, sehingga belum kita dapat pastikan angka pembilang atau pembagi setiap dapil," ujarnya.

Adapun pembagian kursi di lima dapil Luwu Timur yaitu Dapil 1 Kecamatan Malili-Wasuponda (8 kursi).
Dapil 2 Kecamatan Angkona-Kalaena (4 kursi), Dapil 3 Kecamatan Burau-Wotu (8 kursi).

Dapil 4 Kecamatan Mangkutana, Tomoni dan Tomoni Timur (7 kursi) dan Dapil 5 Kecamatan Nuha-Towuti (8 kursi).
Adapun nama caleg PDI Perjuangan di lima dapil yang telah beredar meraih kursi pada Pemilu 2024 yaitu Dapil 1 Andi Ahmad dan Mahading. Dapil 2 Komang Sujana Yasa, Dapil 3 Muh Nur dan Harisal. Dapil 4 Ambrosius dan Andi Surono. Serta Dapil 5 Ober Datte dan Erick Estrada. Untuk diketahui, hasil akhir caleg terpilih Pemilu 2024, tetap merujuk dari hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur.

Golkar Lutra
Di Luwu Utara, Partai Golkar kembali berjaya. Rekap internal seluruh TPS yang ada di Luwu Utara, partai berlambang pohon beringin ini mengamankan 11 kursi di DPRD. Naik tiga kursi dibanding pemilu sebelumnya. Salah satu kader yang dipastikan terpilih adalah Husain yang saat ini masih tercatat sebagai anggota DPRD Luwu Utara.

Husain bertarung di Dapil 1 Luwu Utara meliputi Mappedeceng, Masamba dan Rampi. ”Alhamdulillah di Dapil ini kita berpotensi meraih tiga kursi dari dua kursi yang ditargetkan. Ini berkat kerja keras kita semua,” kata Husain, Jumat (23/02/2024). Sesuai dengan rekap tim, Husain mendapatkan 3.401 suara. Dua caleg Golkar lainnya yang duduk di Dapil ini adalah Hj Megawati dan Hatta Turusy.

Atas hasil tersebut, Husain menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim, pendukung dan relawan yang telah memilihnya sehingga bisa terpilih kembali sebagai anggota DPRD Luwu Utara.

” Terima kasih atas kepercayaan seluruh masyarakat yang telah mendukung saya di Pileg kali ini. Insya Allah kebersamaan kita tidak akan sampai disini,” kata Wakil Ketua Bidang Organisasi Partai Golkar Luwu Utara ini.

Dengan hasil 11 kursi, tanpa koalisi dengan partai lain Golkar bisa mengusung pasangan calon Bupati/Wakil bupati Luwu Utara di Pilkada. Diketahui, Bupati, Indah Putri Indriani, yang juga Ketua DPD II Golkar Luwu Utara, akan habis periodenya pada 2024. Golkar berpotensi mengusung dua kadernya untuk maju di pilkada.

Nasdem Luwu
Perolehan kursi Partai NasDem di Kabupaten Luwu meningkat drastis pada Pemilu 2024. Jika dibandingkan pada Pemilu 2019 kemarin, NasDem hanya meraih 3 kursi.
Pemilu 2024 bertambah menjadi 6 kursi, bahkan memungkinkan 7 kursi. Itu artinya, NasDem berhasil mengamankan kursi pimpinan, Ketua DPRD Luwu, menyusul partai Golkar dan Gerindra sebagai wakil Ketua DPRD Luwu, periode 2024-2029.

Keberhasilan partai NasDem di Luwu tidak lepas dari sosok Andi Muhammad Arham Basmin, Ketua NasDem Luwu. Arham, berhasil mendongkrak suara NasDem di Luwu.
Sekretaris NasDem Luwu Adiatma, menyampaikan perolehan kursi NasDem awalnya 7 kursi namun terjadi Pemungutan Suara Ulang atau PSU di Walenrang Barat, sehingga saat ini, dirinya belum bisa memastikan jumlah kursi sebelum PSU tersebut.

“Sekarang kami belum bisa memberikan kepastian, karena terjadi PSU di beberapa TPS termasuk di Walenrang Barat, Walmas. Data awal, perolehan kursi NasDem 7,” ujarnya. Adiatma mengakui, keberhasilan NasDem di Luwu karena efek Arham Basmin dan Ketua NasDem Sulsel, Rusdi Masse.

“Pengurus sangat bangga dan berterimakasih atas kepemimpinan Ketua NasDem Luwu Kaka Arham Basmin. Dukungan beliau sangat nyata. Beberapa tahun terakhir bekerja membesarkan NasDem. Dari 3 kursi pada Pemilu 2019 bertambah 6 bahkan menuju 7 kursi pada Pemilu 2024,” ujarnya.

Arham Basmin yang dihubungi sebelumnya, belum membocorkan perolehan suara NasDem di Luwu. “Kita tunggu hasil pleno KPU. Hitung cepat berdasarkan data C1 di kami ada, tapi kita hargai proses yang ada di KPU,” ujarnya.

“Kami sangat berterimakasih kepada seluruh pengurus NasDem, seluruh kaka kaka caleg NasDem, masyarakat Kabupaten Luwu tentunya. Kepercayaan yang masyarakat berikan menjadi spirit bagi kami untuk bekerja sebaik mungkin dalam mewakili suara masyarakat di lembaga legislatif,” lanjutnya.

Selain Kabupaten Luwu, NasDem Kota Palopo juga berhasil meningkatkan perolehan kursi dari 4 kursi di DPRD Kota Palopo pada Pemilu 2019 bertambah jadi 6 kursi pada Pemilu 2024.

Hasil tersebut juga menyamai keberhasilan NasDem Luwu, merebut kursi Ketua DPRD dari tangan Golkar di DPRD Kota Palopo. NasDem Palopo menang suara dari Partai Golkar Palopo yang sama-sama meraih 6 kursi.

Nasdem Palopo
Di Palopo, dominasi Golkar "patah" direbut Partai NasDem, yang dengan percaya diri akan merebut kursi pimpinan DPRD Kota Palopo dari partai Golkar. NasDem mengklaim sudah mengamankan 6 kursi di DPRD Palopo.
"Data internal kami dari C1, NasDem pemenang pileg 2024 dan mengunci kursi ketua DPRD Palopo," kata Sekretaris DPD NasDem Palopo, Umar Senin (26/2/2024).
Umar mengungkapkan, NasDem Palopo mengamankan 6 kursi di DPRD Palopo setelah mengumpulkan sekitar 20 ribu suara di empat dapil di Palopo. Menurutnya, capaian tersebut NasDem sudah merebut kursi pimpinan dari partai Golkar.

"Sudah 20 ribu lebih suara untuk NasDem Palopo, 6 kursi sudah diamankan bahkan menuju kursi ke 7. Kursi pimpinan sudah dipastikan NasDem yang duduki," ungkapnya.

Dia mengutarakan, capaian tersebut dikarenakan kerja seluruh kader, utamanya Ketua DPD NasDem Palopo Judas Amir. Menurutnya, di bawah kepemimpinan mantan Wali Kota dua periode itu, NasDem bisa menjadi partai pemenang di Palopo.
"Hasil ini atas kerja seluruh kader, terutama atas arahan Ketua NasDem Palopo Pak Judas. Karena ini peningkatan luar biasa, 2019 lalu kita hanya bisa dapat 3 kursi," ucapnya.(idr)

Grafis

Partai Pemegang Kursi Ketua DPRD di Luwu Raya

  • Luwu Timur : PDIP (10 kursi)
  • Luwu Utara : Golkar (11 kursi)
  • Luwu : Nasdem (7 kursi)
  • Palopo : Nasdem (6 kursi)
  • Bagikan