Jelang Ramadan, Bahan Pokok Berlomba Naik, Mulai Beras, Ayam, dan Cabai Rawit

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Jelang Ramadan, sejumlah kebutuhan ibu rumah tangga mulai mengalami kenaikan. Mulai dari, beras, daging, hingga cabai rawit.

Kenaikan beberapa kebutuhan ruma tangga ini berdasarkan hasil pantauan langsung di Pusat Niaga Palopo (PNP), Jumat, 01 Februari 2024.

Untuk harga saat ini, seperti ayam berat 2 Kg lebih Rp60 ribu, kemudian untuk beras premium rata-rata diangka Rp17 ribu per Kg, dan untuk cabai rawit Rp45 per Kg.

"Sudah tiga hari harga ayam naik. Kalau ayam berat sekira 2 Kg Rp60 ribu, dari harga sebelumnya Rp55 ribu. Terus ada juga ayam berat sekora 2,5 Kg itu Rp65 ribu. Kalau daging masih normal, sama dengan harga lalu Rp130 per Kg," kata Sakaria pedagang ayam dan daging yang ditemui.

Kemudian, untuk harga cabai rawit sendiri, menurut Andri, salah seorang pedagang rempah-rempah di PNP yang ditemui. Ia mengatakan harga cabe rawit itu mulai naik sekira tiga hari lalu.

"Kalau cabai Januari lalu ada yang jual Rp25 ribu per Kg, kemudian beberapa hari kemudian naik Rp35 ribu per Kg dan ada juga yang jual Rp40 per Kg. Dan sekarang sudah tiga hari Rp45 ribu per Kg," kata Andri pedagang cabe rawit.

Cabai rawit yang dijual, kata Andri, diperoleh dari petani dari Selatan, Kabupaten Luwu.
"Di Palopo kurang stoknya. Jadi kota ambil dari luar. Saya ambil cabe rawit dari Selatan," katanya.

Sementara untuk harga beras, para pedagang mengatakan, di bulan suci ramadhan ini dipastikan juga kembali mengalami kenaikan harga.

Kenaikan harga disebabkan kurangnya pasokan beras. Karena pada musim panen lalu para petani banyak mengalami gagal panen akibat musim panas.

"Harga termurah beras sekarang ini masih ada yang Rp14 ribu per Kg dan yang termahal Rp17 per Kg. Harga itu merupakan beras stok lama. Dan mungkin dia hari ke depan sudah tidak ada lagi beras harga Rp14 ribu per Kg. Minggu ini beras paling murah Rp15 per Kg dan yang termahal Rp18 per Kg. Sekarang saja sudah ada yang jual Rp18 per Kg untuk beras jenis kristal atau super, jadi untuk beras jenis itu pasti akan naik juga,"kata pemilik Toko beras Arya.(riawan)

Bahan Pokok Merangkak Naik

  • Ayam potong 2 Kg dari Rp55 ribu menjadi Rp60 ribu
  • Beras premium Rp17 ribu per Kg
  • Cabai rawit dari Rp20 ribu menjadi Rp45 per Kg
  • Bagikan