HUMANIKOM Unismuh Makassar Kembali Gelar Elementary Leadership Training VIII di Bantimurung Maros

  • Bagikan

MAROS. Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HUMANIKOM) Fisip Unismuh Makassar memulai tahun akademik 2023/2024 melaksanakan kegiatan yang diberi nama Elementary Leadership Training VIII mengambil di lokasi di daerah berhawa sejuk dan tujuan wisata area kolam renang Bantimurung Maros pada Sabtu-Selasa 2-5 Maret 2024.

Kegiatan rutin dari HUMANIKOM untuk merekrut anggota himpunan ini dibuka oleh dosen Fisip Unismuh Makassar mewakili Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Dr Muhammad Yahya Mustafa, M.Si didampingi dosen muda milenial, Ilham Riyadi, S.Pd, M.I.Kom.

Saat memberi sambutan Muhammad Yahya menegaskan, ikut kegiatan ini penting dan kelak akan memberi kesan dan kenangan karena lewat kegiatan ini akan lebih banyak memahami organisasi serta berinteraksi dengan para senior.

Organisasi ekstrakurikuler bagi mahasiswa sangat dibutuhkan karena akan mendapat keterampilan dan kemampuan menempa pribadi untuk berinteraksi dengan berbagai kalangan di tengah masyarakat kelak usai menyelesaikan masa studi.

Walau aktif di organisasi tetapi diingatkan untuk tidak larut dan mengabaikan studi, idealnya aktif organisasi dan studi jalan beriringan sehingga tepat 8 semester atau 4 tahun masa studi sudah menyelesaikan jenjang studinya.

Dijelaskan juga para peserta yang berasal dari mahasiswa angkatan 2022 dan 2023 ini sangat beruntung memilih ilmu komunikasi karena dalam beberapa tahun terakhir ini trend para alumni komunikasi pada pasar kerja jadi salah satu yang favorit dicari, kata wartawan politik Harian Pedoman Rakyat pada masanya ini.

Kondisi prodi ilmu komunikasi saat ini mengalami perkembangan pesat tiga tahun terakhir peminat mahasiswa terus mengalami kenaikan. Selain itu Laboratorium Komunikasi Fisip Unismuh Makassar kini relatif lebih lengkap sarana dan prasarana sehingga mahasiswa dapat menjalani praktek dunia penyiaran dan lainnya.

Ditambahkan pula kalau Unismuh Makassar telah mendapat status akreditasi institusi dari BAN-PT dengan nilai Unggul sebuah pencapaian yang butuh kerja keras dan penantian yang panjang.

Kesempatan itu dosen muda dan milenial Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Ilham Riyadi menambahkan manfaat dari mengikuti ELT ini dalam membentuk softskill leadership mahasiswa karena tentu akan meningkatkan kemampuan komunikasi, meningkatkan kemampuan dalam memotivasi.

Selain itu juga mengajarkan memiliki kemampuan mendelegasikan tugas dengan tepat, problem solving, kemampuan mengambil keputusan dengan efektif serta kemampuan membangun hubungan dan beradaptasi dengan orang lain, kata Sekretaris PW Pemuda Muhammadiyah Sulsel.

Ketua Humanikom Fisip Unismuh Makassar, Fajar kesempatan itu mengatakan, kegiatan ini jadi program rutin himpunan dengan harapan akan menjadi wadah untuk melahirkan regenerasi kepemimpinan pada organisasi HUMANIKOM.

Lokasi kolam renang Bantimurung ini bagi Humanikom tidak asing lagi karena sudah enam kali menggelar acara seperti ini dan diharapkan akan memberi manfaat bagi para peserta.

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Kausar dalam laporannya mengatakan panitia berjumlah 12 orang dengan peserta 27 orang mengusung tema kegiatan, Internalisasi Jiwa Kepemimpinan yang Bertanggung Jawab dan Dedikatif Menuju Humanikom Berkemajuan.

Selama kegiatan ini berlangsung dibawah kendali Ketua Stering Commite, Muh Iliyas yang sebelumnya pernah jadi Ketua HUMANIKOM Fisip Unismuh.***

  • Bagikan