Peduli Nelayan, IDI Gelar Kampanye Kesehatan Telinga

  • Bagikan

Suasana saat kampanye kesehatan telinga dalam rangka memperingati World Hearing Day 2024, Kamis, 7 Maret 2024. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Bertempat di pelataran Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palopo, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan PPNI Kota Palopo menggelar kampanye kesehatan telinga dalam rangka memperingati World Hearing Day 2024, Kamis, 7 Maret 2024.

Puluhan warga nelayan mendapatkan edukasi sekaligus layanan pemeriksaan terhadap kesehatan telinga dari Panitia Pelaksana, dr. Iin Fatimah Haris.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan bahwa pekerjaan para nelayan dengan resiko suara bising dan berbagai sumber suara lainnya berpotensi mempengaruhi kesehatan para nelayan saat melaut. Karena itu, lanjutnya, kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan sehingga menimbulkan sesuatu yang berdampak pada kesehatan mereka bahkan pekerjaan mereka.

Hal senada diungkapkan oleh Pj.Wali Kota Palopo yang pada kesempatan itu diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kesra, Karno S.Sos. Ia menekankan perlunya proteksi kesehatan bagi para nelayan dan komunitasnya agar mereka dapat lebih bersemangat bekerja.

"Kita tidak ingin ada nelayan yang terdampak kehidupan ekonominya hanya karena kelalaian dalam menjaga dan memperhatikan kesehatan teliganya. Telinga adalah panca indra yang perlu dipelihara dengan baik dan kontinyu oleh nelayan sebagai upaya menjaga keselamatan diri saat melaut," tandas Wali Kota seraya mengajak para nelayan agar senantiasa menjaga silaturahim dan kepekaan sosial sesama nelayan termasuk saling berbagi wawasan dan skil.

Peringatan World Hearing Day tersebut selain ditandai dengan penyerahan alat bantu pendengaran, juga diserahkan bingkisan bagi puluhan nelayan dan keluarganya. (*/rls)

  • Bagikan