Piala Adipura Diarak Keliling Kota Palopo, Pj Wali Kota Apresiasi DLH: Tahun Depan Kita Target Adipura Kencana

  • Bagikan
PJ WALI KOTA Palopo, Asrul Sani memegang Piala Adipura ke-9 yang diraih Kota Palopo bersama Sekkt H. Firmanza DP, dan Kadis LH Palopo, Emil sewaktu arak-arakan penyambutan Piala Adipura, Kamis 7 Maret 2024 di sejumlah ruas jalan dalam Kota Palopo. HENDRA/DISKOMINFO PALOPO

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Kota Palopo di bawah kepemimpinan Pj Wali Kota, Asrul Sani, SH, M.Si berhasil meraih Piala Adipura ke-9 kalinya berturut-turut. Ini adalah capaian luar biasa. Untuk itu, target tahun depan 2025, Kota Palopo harus bisa mendapatkan Adipura tertinggi yakni Adipura Kencana.

Hal itu disampaikan Pj Wali Kota Asrul Sani di halaman belakang Balai Kota, Kamis 7 Maret 2024, usai melakukan arak-arakan Piala Adipura keliling di sejumlah jalan protokol dalam Kota Palopo bersama Sekkot Palopo H. Firmanza DP, Kadis LH Emil Nugraha Salam, S.STP, MM, diikuti ratusan petugas kebersihan Kota Palopo, lurah dan camat.

Sepanjang jalan yang dilalui arak-arakan Piala Adipura ini disambut gembira sejumlah pihak, salah satunya para siswa SD berjejer di pinggir jalan sambil melambaikan bendera merah putih menyambut lewatnya Piala Adipura di hadapan mereka.

Rombongan penyambutan Piala Adipura lalu berhenti di Balai Kota sekaligus resepsi penerimaan Piala Adipura.

"Ini adalah Piala Adipura yang ke-9. Ini prestasi luar biasa, berkat kerja bersama semua stakeholder mulai dari masyarakat. Secara pribadi saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut membantu terutama kepada seluruh mantan-mantan Wali Kota Palopo, ada Alm, HPA Tendriadjeng, Bapak Judas Amir yang meletakkan dasar pembangunan di Kota Palopo," ujar Pj Wali Kota.

Untuk itu, Pj Wali Kota berharap prestasi ini dapat ditingkatkan kembali, dengan meraih Adipura Kencana di Tahun 2025,d engan berdasar Kota Palopo sudah 9 kali mendapat Piala Adipura. Ini penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup dan kebersihan.

Di tempat yang sama, PJ Wali Kota juga menyampaikan tahun ini Pemkot menyiapkan satu unit Mobile Convector yang setara dengan 3 unit armada sampah. Nantinya akan melayani masalah persampahan di Kota Palopo, dan unit yang lain bisa digeser untuk menjangkau daerah protokol Kota Palopo yang masih belum optimal tersentuh, entah hanya 1 atau dua kali dalam sepekan sampahnya diambil.

Pihaknya juga dalam waktu dekat akan mencanangkan kelurahan percontohan pengangkutan smapah terintegrasi menggunakan mobil kelurahan.

Sementara itu Kadis LH Emil di awal sambutan mengucapkan terima kasih atas arahan dan bantuan Pj Wali Kota sehingga bisa meraih Adipura ke-9, serta adanya penambahan unit Mobile Convector.

Dan yang tak kalah pentingnya terima kasih atas penambahan uang honor petugas sampah.

"Honor petugas kebersihan pada tahun anggaran 2024 dinaikkan Rp50 ribu per bulan. Sudah full dianggarkan selama 12 bulan dan naik dari Rp850 ribu menjadi Rp 900 ribu,” jelas Emil. (idris prasetiawan)

  • Bagikan