Usai Dilantik Jadi Kades di Kolaka Utara, Haerul Akbar Langsung Tancap Gas

  • Bagikan

Haerul Akbar, KAdes Pasampang

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, KOLAKA UTARA- Usai dilantik menjadi Kepala Desa Pasampang, Haerul Akbar langsung tancap gas. Sejumlah program pengembangan desa mulai dikerja. Digenjot. Dipercepat.

Sebut misalnya pembenahan lapangan desa. Haerul melihat kedudukan sarana lapangan ini begitu penting. Sehingga dia segera bertindak membenahi lapangan desanya.

Desa Pasampang berada di wilayah administrasi Kecamatan Pakue Tengah, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Berpenduduk sekitat 500 KK, sekitar 4.000 jiwa.

Pria kelahiran Pasampang, 3 Januari 1995 ini, kemudian memperjelas batas lapangan desa itu dengan tanah warga. Yang selama ini tidak tegas batas-batas itu.

Dia membuka jalan sepanjang 160 meter di sisi lapangan tersebut. Membuat saluran air: lebar satu meter dengan kedalam sekitar dua meter.

Dia berharap agar lapangan ini lebih dimaksimalkan fungsinya sebagai sarana umum untuk olahraga bagi masyarakat.

"Kami mengerjakannya sekitar empat hari. Menggunakan dana pribadi kami dulu," kata Haerul alumni SMAN 1 Batu Putih ini, didampingi Sekretasi Desa Pasampang, Muhajir.

Jalan baru yang dibuka ini, katanya, juga dapat dimanfaatkan warga untuk akses ke tempat wisata yang berada di sekitar daerahnya.

Selain Haerul juga mulai menyiapkan sejumlah program untuk desanya. Sebagai bentuk pengabdian kepada desanya. Diantaranya: penerangan jalan beberapa ruas jalan.

Sarana olahraga untuk warga juga disiapkan. Lapangan pustsal. Lapangan mini, untuk aktifitas olahraga warga. Menyiapkan sarana lapangan putsal.

Dari aspek kesehatan masyarakata, Haerul juga mulai menjalankan upaya-upaya pencegahan stunting di desanya.

"Kita akan persiapkan jamban keluarga, ini terkait sanitasi masyarakat. Khususnya Daerah Aliran Sungai (DAS), " katanya.

Dia mengaku masih banyak warga belum punya jamban yang memenuhi standar yang diharapkan untuk mendukung sanitasi ini.

"Kami juga tetap memprioritaskan pengembangan SDM. Dalam bentuk pelatihan keahlian dan keterampilan warga, " kata Haerul.

Dalam Musrembang baru-baru ini, Haerul Akbar, juga telah mengusulkan untuk pengaspalan jalan sekitar satu kilo. Selain itu juga program pembangunan jembatan penghubung desa.

Selain itu juga sarana keagamaan desa, juga mulai dipersiapkan untuk Desa Pasampang yang dipimpinnya. (rls/pp)

  • Bagikan