Momentum Ramadan Ajang Bacalon Wali Kota Sosialisasi

  • Bagikan
Sejumlah baliho ukuran raksasa bakal calon wali kota terpajang di jalan protokol Kota Palopo, Selasa 12 Maret 2024. Seperti baliho milik Farid Kasim di jalan masuk sirkuit Ratona, lalu Akhmad Syarifuddin Daud di Songka, dan Ketua Gelora Palopo Budi Sada di pagar depan sejumlah masjid. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

Spanduk dan Baliho Ucapan Ramadan Bertebaran di Masjid dan Jalan

PALOPOPOS/FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Momentum Ramadan ini menandai para figur bakal calon Wali Kota Palopo untuk mulai mensosialisasikan diri maju di Pilwalkot 27 November 2024, mendatang.
Hampir di setiap masjid di Kota Palopo, dapat dijumpai spanduk dari beberapa figur yang disebut siap maju nantinya.

Sebut saja ada spanduk mantan Wakil Wali Kota Palopo 2 periode, Dr H Rahmat Masri Bandaso, lalu ada mantan Wakil Wali Kota Palopo Dr Akhmad Syarifuddin Daud, juga ada spanduk Ketua Partai Gelora Kota Palopo, Budi Sada.

Sementara itu, Farid Kasim memilih untuk memasang baliho ukuran raksasa di atas jalan protokol di Kota Palopo. Sebut saja ada di Kelurahan Binturu, sepanjang Jl. Andi Djemma dan beberapa ruas jalan lainnya.
Diketahui saat ini ada sekira 16 deretan nama bakal calon walikota Palopo yang mencuat maju Cawalkot Palopo. Ada generasi milenial yang meramaikan kontestasi pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Dia adalah Rahmat Al Kafi (RK).

Di luar mama Kafi yang makin kencang, sudah ada beberapa nama yang mencuat jauh hari sebelumnya. Ada nama Rahmat Masri Bandaso (RMB), Akhmad Syarifuddin, Haidir Basir, Budi Sada, Alfri Jamil, Bangun Tangke Padang, dr. Nasaruddin Nawir. Kemudian dr Abdul Syukur Kuddus, Kamal Dakka, Hj Hasriani, Irbar Pairing Senobua', HM Yunus, SH, MH, dr Herman Jaya, dan FK.
Rahmat Masri Bandaso (RMB) adalah mantan wakil walikota Palopo periode 2008-2013 bersama (Alm) H.P.A Tenriadjeng dan periode 2018-2023 bersama HM. Judas Amir.

Peluang RMB besar di pilwalkot ini. Terbuka lebar karena Partai Golkar di pileg 2024 berhasil mendapatkan 6 kursi DPRD. Walau masih menunggu rekap resmi KPU. Golkar Palopo kalau menggunakan hasil pileg 2024 sudah bisa mengusung sendiri. Begitupun hasil pileg 2019. Tak hanya itu, RMB telah mendapatkan Surat Tugas dari DPP Partai Golkar untuk bertarung menjadi Calon Walikota Palopo.

Kemudian Dr Akhmad Syarifuddin Daud (Ome). Ome merupakan mantan Wakil Walikota Palopo periode 2013-2018 mendampingi HM Judas Amir. Pada Pilwalkot Palopo 2018, Ome maju bertarung melawan HM Judas Amir tapi belum beruntung. Saat ini, Ome menjabat sebagai Dewan Pengawas BPJS pusat. Ome diperkirakan maju lagi pada Pilkada Palopo 2024.

Selanjutnya, Haidir Basir atau HB merupakan mantan birokrat yang saat ini menjadi Ketua DPD PPP Kota Palopo. Pada tahun 2013, HB maju sebagai Calon Walikota Palopo berpasangan dengan dr. Thamrin Jufri. Namun, ia gagal terpilih pada putaran kedua berhadapan dengan HM Judas Amir dan Ome.

Saat ini, HB menjadi ketua PMI Palopo. Haidir Basir diprediksi maju sebagai Calon Walikota Palopo pada Pilwalkot 2024. HB memberi sinyal dengan berbagai alat peraga sosialisasinya.

Kemudian Budi Sada. BISA merupakan mantan birokrat yang setelah pensiun terjun ke politik. Ia pernah maju mendampingi Ome (Akhmad Syarifuddin Daud) pada Pilwalkot 2018, namun tidak terpilih. Saat ini ia merupakan Ketua Partai Gelora Palopo. Ia diprediksi maju pada Pilkada Palopo 2024.

Nama Alfri Jamil juga mulai muncul ketika dipastikan lolos ke parlemen. Alfri Jamil adalah Ketua PDIP Kota Palopo. PDIP Palopo di pileg 2024 bermodalkan 3 kursi.
Selain nama politisi, ada juga nama dr. Nasaruddin Nawir. Dr. Nasaruddin Nawir adalah mantan Dirut RSUD Sawerigading Palopo. Ia diprediksi maju pada Pilwalkot Palopo 2024. Kemudian dr Abdul Syukur Kuddus. Namanya sudah lama mewacana meramaikan bursa pilwalkot Palopo.

dr. Abdul Syukur Kuddus saat ini menjabat sebagai Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Palopo. dr. Syukur juga merupakan Ketua PSSI Kota Palopo. Ada juga nama dr Herman Jaya yang mulai ikut diperbincangkan di berbagai warung kopi di Palopo. Ia oleh beberapa komunitas warkop didorong untuk maju meramaikan bursa pilwalkot Palopo.

Ada juga nama pengusaha Kamal Dakka. MKD dikenal sebagai pengusaha dalam berbagai bidang. Ia sudah lama mewacana maju pada Pilkada Palopo 2024. Bahkan, figur muda ini pernah mengeluarkan statemen "lebih baik kalah 01 daripada menang 02".

Selain Kamal Dakka, adiknya yang juga Ketua Nasdem Lutra, Putri Dakka juga disebut berpeluang maju di Pilwalkot dengan midal ketokohannya selama ini usai maju caleg DPR RI.

Ada juga figur perempuan tangguh Palopo. Namanya Hj. Hasriani, ketua Partai Gerindra Kota Palopo. Ia didorong meranaikan Pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Palopo 2024. Apalagi, Gerindra dipastikan meraih tiga kursi di parlemen hasil Pemilu 14 Februari untuk periode DPRD Palopo 2024-2029.

Tentu ini akan menjadi modal bagi Ketua Gerindra Palopo, Hj Hasriani SH, yang berhasil mempertahankan posisi kursi Gerindra di parlemen. Sehingga, hal ini menguatkan dirinya untuk meramaikan perhelatan Pilwalkot 27 November mendatang.

Masih dari figur pengusaha, ada nama Bangun Tangke Padang. Bangun Tangke Padang merupakan pengusaha keturunan Bastem yang sudah mewacana maju pada Pilwalkot Palopo 2024. Beberapa waktu lalu ia telah memasang baliho dengan tagline Palopo Baru pada beberapa tempat di Kota Palopo.

Selain nama-nama beken di atas, ada juga nama Ir Irbar Pairing Senobua', MT yang sudah mencuat dua tahun lalu. Irbar oleh teman-teman dan koleganya didorong sebagai balon walikota Palopo. Kemudian Irbar melahirkan ide toleransi holistik untuk Palopo 2024.

Kemudian HM Yunus, SH, MH. Politisi dan pengusaha didorong oleh teman-teman alumninya untuk kembali maju di pilwalkot Palopo. Ia pernah maju sebagai calon wakil walikota Palopo berpasangan H Lanteng Bustami. Dan terakhir adalah ama Farid Kasim Judas (FKJ) yang merupakan birokrat yang pernah menjabat beberapa jabatan strategis di Kota Palopo selama 10 tahun terakhir.(idr)

  • Bagikan