Survei Insting Institut: Elektabilitas Jhon Rende Mangontan Ungguli Yariana dan Victor Datuan di Cabup Tana Toraja

  • Bagikan

John Rende Mangontan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Persaingan menuju pemilihan Bupati Tana Toraja kini makin hangat. Beberapa nama pun kini mencuat untuk memimpin daerah Wisata tersebut.

Seperti Jhon Rende Mangongan, Victor Datuan Batara, dan Yariana Somalinggi.

Berdasarkan survei, elektabilitas Jhon Rende Mangontan mengungguli Yariana Somalinggi dan Victor Datuan Batara sebagai calon Bupati Tana Toraja.

Hal itu berdasarkan Hasil survei Insting institut. Hasilnya elektabilitas John Rende mencapai 20,24 persen.

Posisi kedua Yariana Somalinggi istri Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung dengan elektabilitas 18,73 persen. Ketiga Victor Datuan Batara 10,11 persen.

“Iya inilah posisi internal Golkar yang terekam dalam survei kami terkait calon kepala daerah yang berpeluang diusung Golkar,“ kata Syamsul direktur Insting institut kepada wartawan Sabtu, 16 Maret 2024.

Survei dilakukan Insting institut 24 Februari hingga 5 Maret 2024 seusai gelaran Pemilu 2024. Survei tersebut juga menyasar 400 responden dengan multistage random sampling.

John Rende adalah anggota DPRD Sulsel Dapil Tana Toraja-Toraja Utara. Saat ini dirinya tidak lagi maju di Pileg 2024. Hal ini memperkuat dirinya yang disebut akan maju di Pilkada.

Sedangkan Victor Datuan Batara mantan Wakil Bupati Tana Toraja sekaligus Ketua DPD II Golkar Tana Toraja.

Yariana Somalinggi masuk bursa calon bupati setelah berjaya di Pemilu 2024.Ia berhasil naik kelas dari DPRD Tana Toraja ke DPRD Sulsel.

Ia membantu Golkar meraih 2 kursi DPRD Sulsel di Dapil X meliputi Tana Toraja dan Toraja Utara.Perolehan suara pribadi Yariana Somalinggi mencapai 40.857.

Tak ketinggalan Victor Datuan Batara juga berpeluang maju calon Bupati Tana Toraja. Apalagi statusnya sebagai Ketua DPD II Golkar Tana Toraja dan mantan Wakil Bupati Tana Toraja.

Di Pemilu 2024 ini Victor Datuan Batara berhasil mempertahankan kemenangan Golkar di level kabupaten. Dengan hasil itu Golkar sudah memegang tiket pilkada.

Golkar bisa mengusung pasangan calon tanpa perlu berkoalisi dengan parpol lain. (fajar/pp)

  • Bagikan