Stok Beras 4.000 Ton, Cukup Sampai Enam Bulan

  • Bagikan
Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani saat memantau ketersediaan stok beras di Gudang Bulog Balandai Palopo, Senin, 18 Maret 2024 kemarin.--ft: humas/pemkot--

Pj Wali Kota Pantau Stok di Gudang Bulog Balandai

BALANDAI-- Penjabat (pJ) Wali Kota Palopo, Asrul Sani SH MSi melakukan kunjungan kerja dalam rangka memantau ketersediaan sekaligus mengecek kualitas beras di Gudang Bulog Balandai Palopo, Senin, 18 Maret 2024 kemarin.

Dari pemantuan ini diketahui bahwa stok beras di gudang Bulog Cabang Palopo saat ini sebanyak 4.000 ton, cukup untuk memenuhi kebutahan masyarakat Palopo sampai enam bulan ke depan.

Pj. Wali Kota mengatakan, kualitas beras bulog bagus dan memiliki rasa premium. Pemerintah pusat meminta kepada pemerintah kota palopo agar melakukan diversifikasi pangan berdasarkan kearifan lokal dari Palopo sendiri alternatifnya yaitu sagu yang paling memungkinkan untuk dikembangkan menjadi beras sagu.

Beras sagu sangat bagus untuk dikembangkan dan menjadi makanan sehat karena memiliki kadar gula rendah disamping itu masyarakat kota palopo juga sudah terbiasa mengkonsumsi sagu jadi untuk peralihan sangat memungkinkan akan tetapi ini baru wacana saja belum di implementasikan.

Terkait dengan harga beras dimana beras dari Bulog masih memiliki harga standar. Akan tetapi harga beras lokal yang naik dikarenakan belum memasuki musim panen hanya beberapa daerah saja yang sudah panen.

Untuk sementara masyarakat diarahkan untuk sebaiknya menggunakan beras Bulog, maka dari itu Pemkot Palopo setiap pekan melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM).

Sementara itu, Wakil Pimpinan Cabang Bulog Palopo, Viona Cheria mengatakan, untuk beras Bulog untuk Kantor Cabang Palopo stok yang ada saat ini kurang lebih 4.000 ton. ''Insya Allah cukup sampai enam bulan ke depan,'' katanya.

Untuk saat ini, lanjut dia, berasnya beras impor yang berasal dari negara Vietnam. Akan tetapi memiliki kualitas yang sangat terjaga sesuai dengan aturan pemerintah. (ikh)

  • Bagikan