Tokoh Perempuan Berpeluang Bertarung di Pilwalkot

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Persaingan dalam pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Palopo 2024 mulai ramai diperbincangkan kalangan masyarakat. Beberapa figur khusunya dari kalangan perempuan masuk dalam kriteria yang akan turut meramaikan persaingan Pilwalkot Palopo.

Palopo Pos merangkum terdapat beberapa figur perempuan menjajaki peluang maju dalam persaingan tersebut.
Mereka adalah ketua DPRD Palopo, Dr Hj Nurhaenih. Merupakan salah satu publik figur yang digadang-gadang. Bahkan, Nurhaenih adalah salah satu kader Golkar yang mendapat mamdat maju. Nurhaenih juga merupakan salah satu pengusaha di Kota Palopo yang selama ini cukup mentereng di dunia politik.

Kemudian, ketua DPC partai Gerindra Palopo, Hj Hasriani juga bakal dipersiapkan dari partai Gerindra maju bertarung di Pilwalkot Palopo. Hasriani juga merupakan salah satu pengusaha. Ia pernah menjabat wakil ketua DPRD Palopo.

Bahkan, dalam kepemimpinannya di partai Gerindra membuahkan hasil positif. Sejak Pemilu 2019 hingga Pemilu 2024, Gerindra selalu menghasilkan kader duduk di parlemen.

Demikian, ada nama Putri Dakka yang juga sosok seorang pengusaha. Putri Dakka adalah seorang ketua partai Nasdem di Luwu Utara. Namun, keberadannya di Kota Palopo sangat dikenal, ditambah lagi aksi sosial yang kerap ia lakukan selama ini.

Ada juga nama ketua DPC partai Hanura Palopo, Pratiwi Lanteng Bustami. Sosok Pratiwi sering menghiasi persaingan Pileg sebagai caleg DPRD Kota Palopo pada 2019 dan  Caleg DPRD Sulsel 2024. Sehingga, namanya cukup dikenal di kalangan masyarakat Palopo.

Ketua Gerindra Palopo, Hj Hasriani mengungkapkan akan posisi partai Gerindra pada Pilwalkot mendatang. Dia menyatakan bahwa partai Gerindra siap mendorong kader terbaik yang ada. Termasuk dirinya jika ia diamanahkan partai. "Tergantung situasinya ke depan. Kalau saya realistis saja untuk masuk di posisi calon wakil," kata Hasriani, Senin,18 Maret 2024.

Sekretaris partai Hanura, Rian Maming mengaku jika Hanura telah mempersiapkan ketua Hanura Palopo maju di Pilwalkot Palopo. "Partai Hanura sudah memberi restu ke ibu Pratiwi untuk maju. Setidaknya, modal satu kursi di parlemen menjadi modal untuk membantu menjajaki koalisi dalam memudahkan pengusungan. Namun, lebih dari itu, kalangan dari keluarga ibu Pratiwi juga sudah memberi restu untuk maju," tandas Rian Maming. (rul)

  • Bagikan