Gemakan Al-Qur’an, Ponpes Al Imam Ashim Gelar PQR

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Ponpes Al Imam Ashim Makassar terus berperan mengemakan Al-Qur'an khususnya di Sulsel. Kali ini dengan menggelar kembali Pesantren Al-Qur'an Ramadan (PQR) yang akan berlansung selama 19 hari, mulai dihari kedua Ramadan sampai dua puluh ramadhan.

Kegiatan ini akan berlansung di kampus 2 jalan Inspeksi Kanal Tamangapa Utara, Manggala, Kota Makassar.

Hal itu diungkapkan ketua panitia PQR, Rahmat Hamid, S Hi kepada media, Jum'at (22/3/2024).

Dikatakanya peserta akan mengikuti kegiatan diantaranya Tahsinul Qiraat, perbaikan kualitas bacaan Al- Quran, Murajaah dengan paket setoran 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz, kegiatan amaliyah ramadhan yang diselingi pengajian Kitab Ta'limul Muta'allim dan Penjelasan dari Matan Tuhfatul Athfal.

"Dalam kegiatan ini setidaknya ada 30 penghafal al Quran terbaik Al Imam Ashim yang diberdayakan menjadi pengajar di setiap program yang disediakan," jelas Rahmat.

Lebih lanjut dikatannya bahwa PQR tahun ini diikuti sebanyak 157 peserta dengan 3 kategori peserta. Pertama, Kategori Wajib yaitu ditujukan kepada calon wisudawan 30 juz dalam rangka dapat mencapai target dua bintang.

Selain itu juga sekaligus menyelesaikan setoran tambahan sampai selesai Juz 30. Kedua, Kategori prioritas adalah berisikan peserta dari kalangan santri Al Imam Ashim sendiri, mereka adalah santri-santri yang rela menghabiskan jatah liburnya dan mengisinya dengan kegiatan amaliyah ramadhan dalam rangka memperbaiki kualitas hafalan mereka.

Selain itu kategori prioritas ini juga diisi oleh peserta yang diundang khusus untuk berpartisipasi memeriahkan kegiatan ini dengan mengirim 1 orang utusan dari kalangan pembina pondok pesantren yang tersebar se-Sulawesi Selatan untuk hadir meningkatkan kualitas bacaan dan hafalannya.

"Kategori Jalur undangan ini bekerjasama dengan JQH Sul-Sel melalui ketua-ketua cabang kabupaten. Selanjutnya mereka menyampaikan surat undangan tersebut ke pondok pesantren yang juga berkontribusi menyumbang pembaca dalam kegiatan simaan 1000 majelis yang diadakan JQH Sulsel, yang dilaksanakan menjelang masuknya bulan Ramadan.
Setidaknya ada 39 pondok pesantren yang diundang dalam kegiatan ini, " urai Rahmat lagi.

Untuk kategori ketiga lanjutnya merupakan kategori umum. Jalur umum ini bertujuan menguatkan rasa cinta masyarakat umum terhadap al Quran dengan cara mempelajari, menghafalkan dan mengamalkan.

Sementata itu Pimpinan Ponpes Al Imam Ashim, KH Syam Amir Yunus berharap kegiatan ini adalah wujud peran Al Imam Ashim dalam menggemakan Al-Qur'an di Sulsel.

"Kita harapkan Al- Quran senantiasa menggema, apalagi kita sekarang berada di Bulan Al-Qur'an dan inilah salah satu tujuan PQR ini terlaksana," kata KH Syam Amir. (*/rls/pp)

  • Bagikan