Meski Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Palopo Pastikan Tetap Buka Layanan

  • Bagikan
Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Dahniar Hasyim Dahlan bersama Kadinkes Palopo, Irsan Anugrah MM pada jumpa pers Layanan Program JKN Saat Libur Lebaran 2024 Mudik Aman Berkesan bersama BPJS Kesehatan, Jumat 22 Maret 2024 di ruang rapat kantor BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Jl. Mas Jaya. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Masyarakat tak perlu resah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan selama libur lebaran Idulfitri 1445 H, pasalnya selama cuti bersama dan libur lebaran mulai 8-15 April, mendatang, BPJS Kesehatan tetap menjamin memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan. Pelayanan ini berdasarkan prinsip portabilitas yang telah diterapkan BPJS Kesehatan.


Hal itu disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palopo, Dahniar Hasyim Dahlan pada jumpa pers Layanan Program JKN Saat Libur Lebaran 2024 Mudik Aman Berkesan bersama BPJS Kesehatan, Jumat 22 Maret 2024 di ruang rapat kantor BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Jl. Mas Jaya.


Dahniar menjelaskan prinsip portabilitas tersebut diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.


Peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan.
"BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan, seperti pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat, bagi yang mengakses layanan non tatap muka melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA), dapat dilayani dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan, selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN," ujar Dahniar.


Diungkapkannya, BPJS kesehatan Kantor Cabang Palopo berkoodinasi dengan Pemkot Palopo dalam hal ini Dinkes Palopo, dan sejumlah Pemda se-Luwu Raya serta pihak Polres membuka posko kesehatan. Seperti di Palopo ada 3 titik, yakni Depan Islamic Center, Pusat Niaga Palopo, dan depan Hypermart, dimana menyediakan tim kesehatan.


Selama libur ini pula, masyarakat dapat tetap menggunakan layanan administrasi melalui aplikasi PANDAWA 08118165165, lalu bisa juga lewat aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, VIKA, Website BPJS Kesehatan, BPJS Satu, dan CHIKA 08118750400, dengan syarat kepesertaannya tetap aktif. Untuk itu, ia juga mengharapkan peserta BPJS Kesehatan agar dapat membayar iuran sebelum tanggal 10 setiap bulannya.


"Kini terdapat fitur i-Care JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Melalui inovasi ini, mempermudah dokter di fasilitas kesehatan mengakses riwayat medis peserta JKN dalam 12 bulan terakhir, guna memberikan pelayanan yang lebih cepat dan tepat. Bahkan peserta JKN pun dapat mengakses juga melalui Aplikasi Mobile JKN," tutupnya.


Ditambahkan juga Kadis Kesehatan Kota Palopo, Irsan Anugra MM yang ikut hadir, jika pihaknya menjamin pelayanan kesehatan di puskesmas dan RS pemerintah tetap terbuka bagi masyarakat di saat libur lebaran nanti. Hal ini juga sesuai arahan Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani yang meminta pelayanan kesehatan tetap dibuka untuk melayani kasus-kasus emergency di masyarakat.


"Kita ada Tim Terpadu, yang terdiri dokter, perawat, apoteker, dan tenaga medis lainnya selalu standby. Jadi Insya Allah aman," kata Irsan.


Untuk mempersiapkan itu, pihaknya pun saat ini berkeliling ke 12 puskesmas di Kota Palopo untuk memantau kesiapan tenaga kesehatan di sana.


Khusus Kota Palopo membawahi 14 UPT, terdiri 12 puskesmas, 1 UPT Jemput Antar, dan 1 Labkesmas. Selain itu, ada 5 RS Swasta, dan 2 RS Pemerintah. Sehingga pelayanan kesehatan di Palopo cukup komplit.(idr)

  • Bagikan