Preview Manchester City vs Arsenal: The Citizens Dihantam Badai Cedera

  • Bagikan

Big match antara Manchester City vs Arsenal akan tersaji pada pekan ke-30 Premier League, Minggu (31/3).

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, INGGRIS-- Big match antara Manchester City vs Arsenal akan tersaji pada pekan ke-30 Premier League, Minggu (31/3) pukul 22.30 WIB.

Arsenal akan bertandang ke Etihad Stadium, markas Man City, dengan misi mempertahankan posisi puncak klasemen. Kemenangan atas pesaing utama dalam perburuan gelar juara EPL itu menjadi harga mati bagi pasukan Mikel Arteta.

Namun, mengalahkan Man City di Etihad Stadium bukan perkara mudah. The Citizens selalu perkasa ketika bermain di hadapan puluhan ribu pendukungnya.

Pada musim 2023/24, Erling Haaland cs belum terkalahkan saat menjadi tuan rumah. Dari 14 laga yang telah dimainkan, mereka mencatat 10 kemenangan dan empat hasil seri.

Hanya Liverpool yang mampu mengungguli rekor kandang tak terkalahkan mereka. The Reds sedikit lebih baik dari Man City dengan mencatatkan 11 kemenangan dan hanya tiga kali imbang.

Pertandingan Manchester City vs Arsenal besok merupakan pertemuan kedua mereka di Liga Inggris musim ini. Pada pertemuan pertama di Emirates Stadium pada 8 Oktober 2023, gol tunggal Gabriel Martinelli membuat Arsenal mengamankan tiga poin di kandang sendiri.

Jeda internasional yang berlangsung selama dua pekan kemarin menjadi petaka bagi pasukan Pep Guardiola. Pada jeda internasional edisi Maret, sebanyak 16 pemain dari skuad utama Man City dipanggil timnas negara masing-masing. Sayangnya, sejumlah pemain yang bertarung membela negaranya terpaksa kembali dalam keadaan cedera.

Dilansir website resmi klub, Pep Guardiola mengonfirmasi bahwa duo bek Inggris Kyle Walker dan John Stones akan absen. Walker mendapatkan cedera saat bermain dalam laga Inggris vs Brasil, sementara Stones harus ditarik keluar di awal laga Inggris vs Belgia.

”Cedera Kyle (Walker) lebih parah dibandingkan dengan Stones, tapi keduanya akan absen, saya tidak tahu (akan absen) untuk berapa laga,” ungkap Guardiola.

Namun Man City sedikit mendapatkan angin segar dengan perkembangan cedera dari dua pemain kunci mereka, Ederson dan Kevin De Bruyne. Kedua pemain tersebut tidak membela timnas negara masing-masing karena menderita cedera sebelum bergulirnya jeda internasional, sehingga mereka mendapat waktu istirahat yang cukup.

Arsenal harus menderita kekalahan telak 4-1 dalam lawatan terakhir mereka ke Etihad Stadium pada April 2023. Hasil tersebut sekaligus memperkecil peluang Arsenal untuk menjadi juara EPL saat itu, sebelum akhirnya mereka benar-benar gagal di akhir musim.

Meski demikian, pelatih Arsenal Mikel Arteta mengaku telah mengambil pelajaran dari pengalaman menyakitkan tersebut.

”Kami memiliki beberapa hasil yang meyakinkan serta sejumlah cedera besar saat itu. Tapi pengalaman itu ada untuk belajar darinya,” ujar Arteta sebagaimana dilansir website resmi klub.

Baca Juga: Selain Carlo Ancelotti, Ini Daftar Pelatih Aktif yang Mencapai Rekor 200 Kemenangan Bersama Satu Klub, Ada David Moyes

Terkait dengan rekor Arsenal yang tak pernah menang di Etihad Stadium sejak 2015, Arteta yakin bahwa anak asuhnya akan meraih hasil berbeda dalam kunjungan kali ini.

”Sekarang, mereka (skuad Arsenal) menyikapi laga tandang sama seperti laga kandang,” beber Arteta.

”Kami mencoba bermain tandang dengan cara sebagaimana yang kami lakukan saat bermain kandang,” tambah dia.

Sejak awal 2024, Arsenal mencatatkan hasil 100 persen di Liga Inggris. Mereka sukses meraih delapan kemenangan dari delapan laga, mencetak 33 gol, dan hanya kebobolan empat gol. (Jawapos/pp)

  • Bagikan