Pengamat Sebut Samuel Toba Figur Representatif Mewakili Walmas 02 Luwu

  • Bagikan
Samuel Toba, S.Sos Tokoh Walmas / Kepala Imigrasi Kelas I Batam

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO --- Bakal calon bupati Luwu mulai mencari figur 02 yang akan digandeng di Pilkada Luwu. Salah satu figur 02 yang disebut-sebut representatif mewakili Walmas adalah Samuel Toba, S.Sos.

Demikian diungkapkan Dr Syahruddin Syah, M.Si, pengamat politik dan kebijakan publik asal Unanda, sore kemarin. "Posisi Walenrang-Lamasi (Walmas) di Pilkada Luwu tahun 2024 bakal jadi rebutan. Rebutan suara dan rebutan tokohnya. Untuk apa? Tentu untuk dijadikan sebagai posisi pendulang suara dengan menempatkannya sebagai 02 alias calon wakil bupati," sebut Eko-sapaan akrab Dr Syahruddin.

Menurutnya, beberapa kali perhelatan pilkada, isu geopolitik masih tetap jadi perhatian. Dari segi geopolitik, Walmas memang menjadi penentu. Itu dengan catatan kalau calon bupatinya menggandeng tokoh dari wilayah tersebut.

"Sekali lagi Walmas menjadi sasaran tembak bagi para calon bupati untuk mencari pasangan wakil bupati Luwu periode 2024-2029," tandasnya.

Sejumlah figur bakal calon wakil bupati asal Walmas yang mencuat di permukaan. Tapi pengamat mencium Samuel Toba, S.Sos punya peluang dan kans besar jadi rebutan. Selain karena putra asal Walmas domisili di Desa Tanete-pengalaman di birokrasi sudah tak diragukan lagi. Jadi mix kalau berpasangan 01 dengan latarbelakang politisi atau pengusaha. "Samuel Toba dengan kariernya yang mentereng di birokrasi sangat pas mengelola pemerintahan Kabupaten Luwu ke depan," sebutnya.

Samuel Toba di birokrasi kariernya sudah teruji. Ia mulai dari level terbawah sampai sudah lima kali memimpin sebagai kepala kantor Imigrasi di berbagai kelas. Mulai dari Kelas III dan kelas II. Kemudian memimpin Kantor Imigrasi Kelas I dua kali. Sekarang dia dipercaya memimpin Kelas I Khusus Imigrasi Batam. "Beliau sangat layak dilirik. Kemungkinan Pak Samuel akan diincar oleh para balon bupati. Dan itu memungkinkan dengan melihat geopolitik yang ada," tandasnya.

Lanjutnya, Samuel Toba bisa menjadi tokoh yang representatif mewakili Walmas. "Basis beliau yang asli Walmas tentu akan mendapat dukungan penuh dari keluarga besarnya di sana," tukasnya.

Figur 01 sebagai balon bupati Luwu dari Luwu bagian Selatan yang mencuat selama ini adalah H.Harbi Syam, SH, Kolonel Inf (Purn) Agussalim, SH, Tabi Pasenggong, Husmaruddin, Patahuddin, Arham Basmin, Buhari Kahar Muzakkar, dan lain-lainnya.

Menurut Eko, kalau mau menang harus bisa menggandeng figur dari Walmas. "Mereka sudah tentu tahu itu. Apalagi, melihat figur 01 Luwu sudah mulai jalan dan sosialisasi," ucapnya.

Selain Samuel Toba, lanjut dia, ada beberapa kandidat lainnya yang layak 02. Antarlain Muhlis Kararo, Hafida Rauf Basuri, dan masih ada sejumlah nama lainnya yang belum muncul.
Samuel Toba yang namanya disebut-sebut berpeluang 02 di Luwu, hanya menanggapi santai. "Nanti kita lihat ke depannya," ujarnya singkat penuh santun, sore kemarin. (ary)

  • Bagikan