Figur Cawalkot Mulai Jajaki Calon Wakilnya

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Delapan bulan menuju Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 27 November, para bakal calon Wali Kota Palopo, terus menggalang komunikasi dengan sejumlah figur lainnya. Apakah untuk menjadi pasangan wakilnya nanti atau sekadar tim sukses.

Dosen Fakultas Hukum Unanda Palopo yang juga mantan Ketua KPU Palopo, Dr Haedar Djidar memberi prediksi terkait potensi jumlah Paslon di PilwalkotPalopo.
"Kalau melihat komposisi kursi dari Parpol di DPRD maka memungkinkan bisa empat paslon. Tetapi, memungkinkan juga ada jalur perseorangan. Karena melihat sejarah Palopo dalam setiap Pilwalkot selalu ada Paslon jalur independen yang mendaftar," kata Haedar Djidar.

Adapun mengenai hasil akhir tentu tergantung koalisi yang terbangun ke depan. Sebab, saat ini semua masih bersifat dinamis.
"Kalau hitugan normalnya bisa empat atau lima Paslon. Termasuk, memungkinkan ada Paslon dari jalur independen," katanya.

Adapun beberapa figur yang diprediksi berpaket yakni, Ketua Golkar Palopo Dr Rahmat Masri Bandaso yang dibanyak grup WhatsApp mulai banyak bertebaran poster pasangan RMB ini. Sebut saja, ada sosok dr Nasaruddin Nawir Sp.OG (K) MARS.

Pasangan ini disebut punya potensi memimpin Kota Palopo lebih baik dan lebih sehat. Dimana sosok dr Nasaruddin merupakan birokrasi handal yang punya pengalaman dan jaringan luas, serta merupakan seorang pengusaha pemilik dari RSU St Madyang Palopo.

Ada juga bertebaran poster RMB dengan Alfi Jamil, dimana kolaborasi antara Partai Golkar Palopo dengan PDIP Palopo, menjadikan koalisi yang kuat di parlemen. Dimana Golkar memiliki 5 kursi dan PDIP memiliki 3 kursi.

Lalu ada juga isu RMB berpaket dengan Ketua Gerindra Palopo, Hj Hasriani. Ini juga menjadikan koalisi yang kuat di parlemen, dimana Gerindra memiliki 3 kursi di DPRD Palopo. RMB dengan Ketua IDI Palopo, dr Abdul Syukur Kuddus Sp.B FINACS, RMB dengan Rustam Lalong, terus ada paket RMB dengan HM Yunus, RMB-Dr Bangun Tangke Padang, dan masih banyak lagi figur potensial.

Sementara itu figur lainnya yang disebut akan maju Calon Wali Kota Palopo adalah Dr H Farid Kasim. Yang saat ini sudah berstatus bukan ASN lagi lantaran sudah mengundurkan diri dari ASN. Farid yang akrab disapa FKJ kini tengah membangun jaringan bisnis pendidikan di Kota Makassar.

FKJ pun disebut-sebut punya banyak calon wakil, seperti akan berpaket dengan Ketua DPRD Palopo Dr Hj Nurhenih. Lalu FKJ dengan Ketua Gelora Palopo Budi Sada. Terus FKJ dengan anggota DPRD Palopo dari Demokrat Cendrana Saputra, dan FKJ dengan Rustam Lalong yang merupakan ASN sekaligus pengusaha sukses di Balandai. Ada juga Wakil Ketua DPRD Palopo Abdul Salam, dan Sekretaris Nasdem Palopo, Umar SE. Juga ada nama anggota DPRD Sulsel Irwan Hamid (PKB).

Selanjutnya figur Cawalkot lainnya ada Dr Akhmad Syarifuddin Daud yang juga menyatakan siap comeback. Dengan pengalaman sebagai Wawali di periode pertama HM Judas Amir, Ome sapaannya siap kembali naik kelas menjadi calon Wali Kota.
Beberapa figur disebut akan berpasangan antara lain, dengan Alfri Jamil, Rustam Lalong, Pratiwi Lanteng Bustami, Budi Sada, hingga dr Abdul Syukur Kuddus Sp.B FINACS.

Lalu ada juga nama H. Haidir Basir yang siap maju calon Wali Kota dengan beberapa nama yang siap jadi wakilnya seperti tokoh holistik Luwu Raya, Irbar Pairing Senobua, dan Budi Sada.
Terakhir ada tokoh perempuan fenomenal Putri Dakka yang belakangan disebut-sebut mendapat restu Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse untuk menatap Pilwalkot Palopo 2024.

Putri Dakka merupakan figur perempuan yang tangguh, dikenal dermawan dan punya kekuatan finansial untuk menyongsong pilwalkot.
Beberapa nama yang disebut akan menjadi tandemnya mulai dari Ketua Gerindra Palopo Hj Hasriani, Ketua Hanura Palopo Pratiwi Lanteng Bustami, dan Ketua DPRD Palopo Hj Nurhenih.
Untuk lebih pastinya kita tunggu saja saat pengumuman penetapan pasangan calon Wali Kota-Wawali oleh KPU Palopo pada 22 September 2024 mendatang. (idr)

Prediksi Pasangan Wali Kota- Wawali Palopo 2024

Cawali Dr Rahmat M Bandaso : - Alfri Jamil (PDIP)
- Hj Hasriani (Gerindra)
- dr Nasaruddin Nawir Sp.OG(K) MARS (owner RSU St Madyang)
- dr Abdul Syukur Kuddus Sp.B FINACS
- Rustam Lalong (pengusaha)
- HM Yunus (politis PPP)
- Dr Bangun Tangke Padang

Cawali Dr Farid Kasim Judas : - Hj Nurhenih (Ketua DPRD Palopo)
- Budi Sada (Gelora)
- Abdul Salam (Waket DPRD)
- Umar SE (Sekretaris Nasdem Palopo)
- Irwan Hamid (Anggota DPRD Sulsel PKB)
- Cendrana Saputra (Anggota DPRD F-Demokrat)
- Rustam Lalong (pengusaha)

Cawali Dr Akhmad Syarifuddin Daud: - Alfri Jamil
- Rustam Lalong
- Pratiwi Lanteng Bustami
- Budi Sada
- dr Abdul Syukur Kuddus Sp.B FINACS

Cawali H. Haidir Basir : - Irbar Pairing Senobua
- Budi Sada

Cawali Putri Dakka : - Hj Hasriani (Gerindra)
- Pratiwi Lanteng Bustami (Hanura)
- Dr Hj Nurhenih (Ketua DPRD Palopo)

  • Bagikan